Bidik Dua Gelar, Owi/Butet Ditantang Hapus 'Kutukan' Sejarah

Ganda Campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Turnamen All England 2016 tidak lama lagi akan digelar. Ajang bergengsi tersebut dihelat 8-13 Maret mendatang di Barclaycard Arena, Birmingham ini, banyak diprediksi sebagai arena pemanasan sebelum Olimpiade Rio de Janeiro pada bulan Agustus mendatang.

Namun, sebuah catatan menarik dari turnamen tertua bulutangkis itu patut jadi sorotan, terutama dalam pada sektor ganda campuran.

Berdasarkan dari deretan juara nomor ganda campuran pada tahun yang bersamaan dengan penyelenggaraan Olimpiade, maka pasangan peraih gelar All England tersebut pasti akan gagal merebut medali emas di ajang Olimpiade.

Dimulai dari tahun 1996, dimana ganda campuran untuk pertama kalinya dipertandingan dalam ajang Olimpiade yang kala itu dihelat di Atlanta, Amerika Serikat. Juara All England saat itu, yakni duet Korea Selatan, Park Joo-bong/Ra Kyung-min gagal merebut emas Olimpiade yang justru jatuh ke rekan senegaranya, Kim Dong-moon/Gil Young-ah.

Fenomena itu pun berlanjut dalam Olimpiade berikutnya, yaitu di Sydney tahun 2000. Kim Dong-moon/Gil Young-ah yang kali ini menjuarai All England di tahun tersebut juga tak mampu mempertahankan raihan emas Olimpiade miliknya dan harus merelakannya kepada duo China, Zhang Jun/Gao Ling yang berhasil mengalahkan mereka di perempatfinal.

'Mitos' itu juga rupanya terjadi pada pasangan Indonesia. Duet andalan Merah Putih, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus mengalami hal tersebut pada tahun 2012 lalu. Tampil memukau dengan berhasil menuntaskan dahaga gelar All England bagi Indonesia yang sudah sembilan tahun tak pernah direngkuh, Owi/Butet justru gagal total di Olimpiade London tanpa raihan medali apapun. Emas pun justru berlabuh ke tangan duo China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Fakta ini tentunya menjadi tantangan tersendiri baik bagi Owi/Butet untuk bisa menuntaskan dua target besar mereka tahun ini dan memberikan catatan berbeda dalam sejarah bulutangkis dunia.

Berikut daftar peraih gelar nomor ganda campuran All England dan medali emas dalam tahun penyelenggaraan Olimpiade:

Tahun    All England                                                 Olimpiade

1996    Park Joo-bong/Ra Kyung-min        Kim Dong-moon/Gil Young-ah
2000    Kim Dong-moon/Gil Young-ah       Zhang Jun/Gao Ling
2004    Kim Dong-moon/Gil Young-ah       Zhang Jun/Gao Ling
2008    Zheng Bo/Gao Ling                      Lee Yong-dae/Lee Hyo-jung
2012    Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir     Zhang Nan/Zhao Yunlei

Jadwal Pertandingan Indonesia di Olimpiade Hari ke-6
Ganda Campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

Jadwal Laga Tim Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Kamis Ini

Mereka mulai berlaga di nomor ganda putra, putri dan campuran.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016