China Kalahkan Korsel di Final Uber Cup 2016

Tunggal putri China, Li Xuerui
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – China sukses meraih kemenangan ke-14 dalam turnamen bergengsi Uber Cup, dengan mengalahkan Korea Selatan (Korsel) di final, Sabtu 21 Mei 2016. Tim Uber Cup negeri Tirai Bambu, itu mengandaskan mimpi Korsel mengulang kesuksesan pada 2010.

Saingi Dominasi Google, Ponsel China Berkoalisi

Korsel menjadi juara Uber Cup, ketika itu dengan mengalahkan China 3-1 di final. Tunggal putri Korsel, Sung Ji Hyun, menghidupkan mimpi negaranya dengan mendapat poin pertama. Dia mengalahkan Li Xuerui dalam tiga set 14-21 21-13 dan 21-10 di partai pertama.

Namun, gebrakan mengejutkan Korsel tidak berlanjut. China bangkit dan berbalik menang 3-1 dengan kesuksesan di partai kedua, ketiga, dan keempat. Pertarungan alot terjadi di partai kedua, antara pasangan Tian Qing/Zhao Yunlei dan Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan.

Di Balik Gaji Besar, Ini Sejumlah Derita Para Pekerja Teknologi China! Hingga Dipenjara Loh

Tian Qing/Zhao Yunlei menang di set pertama 21-16. Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan bangkit di set kedua dengan menang 17-21. Set ketiga berlangsung seru karena kedua pasangan berjuang sekuat tenaga, sehingga pertandingan selesai dengan rubber set untuk kemenangan China 23-25.

Sementara itu, China terlihat cukup mudah mengalahkan Korsel di partai ketiga dan keempat, masing-masing dalam dua set langsung. Wang Shixian mengalahkan lawannya Kim Hyo Min 21-13 dan 21-12. Chen Qingchen/Tang Yuanting menyingkirkan Chang Ye Na/Lee So Hee 21-14 dan 21-16.

Ihsan Akui Tak Siap Saat Laga Final Piala Thomas

Hingga sekarang, China merupakan negara yang paling sering menjadi juara Uber Cup. Jepang di tempat kedua, dengan lima kali memenangi kompetisi bulutangkis tertua di dunia tersebut. Indonesia yang mendominasi di Thomas Cup, baru tiga kali bisa menjadi juara Uber Cup (1975, 1994, dan 1996).

Presiden Joko Widodo

3 Arti Penting Kunjungan Jokowi ke China dan Arab

Saat ini hubungan AS dan Rusia sangat memburuk.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023