China: Persaingan di Bulutangkis Kian Ketat

Ganda Putra China, Fu Haifeng / Zhang Nan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Tiongkok datang ke Gold Coast dengan label unggulan pertama dan juara bertahan dalam enam edisi terakhir Piala Sudirman. Namun, di Carrara Indoor Stadium rekor kemenangan mereka di turnamen beregu campuran ini harus terhenti. Mereka harus mengakui keunggulan Korea di partai puncak dengan skor tipis 2-3. 

Tersingkir dari Piala Sudirman, Praveen/Melati Gagal 'Tebus Dosa'

"Salah satu faktor kami kehilangan angka di sektor ganda adalah di semifinal kami bermain sampai larut malam, jadi kebugaran pemain pun berbeda. Di tambah pemain ganda putri kami pun bermain rangkap kemarin," ujar pelatih kepala ganda, Zhang Jun seperti dari rilis yang diterima VIVA.co.id , Minggu 28 Mei 2017.

Mereka pun menuturkan bahwa strategi permainan mereka adalah mereka tak akan menurunkan pemain yang sama dalam dua hari beruntun. Hal ini pun terbukti, dari susunan pemain mereka, hanya Chen Qingchen/Jia Yifan yang kembali diturunkan. 

Fakta Miris di Balik Lolosnya Jepang ke Final Piala Sudirman 2021

"Kami memang menurunkan pemain yang berbeda di final kali ini, hanya ganda putri saja yang kami turunkan di semifinal dan final. Kami cukup puas dengan penampilan ganda putra, tunggal putra dan tunggal putri kami hari ini, mereka menunjukkan keinginan mereka untuk menampilkan yang terbaik," tambah Zhang.

Zhang menambahkan, bahwa kekalahan mereka kali ini, karena mereka baru saja mengalami perombakan di organisasi mereka. Paska mundurnya Li Yongbo sebagai kepala pelatih, saat ini Tiongkok memang dipimpin oleh dua pelatih untuk sektor tunggal dan ganda. Sektor ganda berada di bawah komando Zhang Jun, sementara sektor tunggal berada di bawah komando Xia Xuanze. 

Partai Final Membara Piala Sudirman 2021: China Ditantang Jepang

"Kami mengalami pergantian pelatih di organisasi kami, sekarang kami memiliki pelatih kepala di sektor tunggal dan sektor ganda, kami juga banyak pemain-pemain baru. Kami akan membutuhkan strategi baru untuk mengembangkan pemain-pemain kami," katanya. 

"Tapi memang persaingan bulutangkis kali ini memang semakin berat, kami banyak menghadapi lawan-lawan yang lebih kuat dari pada sebelumnya. Ini tentu menjadi tantangan bagi kami, tantangan dari negara-negara lain, dan kami menyukai tantangan," lanjut Xia. 

Tunggal Putra China, Shi Yuqi mengalahkan Kento Momota

Sadis, China Pertahankan Gelar Piala Sudirman Usai Hancurkan Jepang

Tim bulutangkis China berhasil mempertahankan gelar di Piala Sudirman 2021 usai mengalahkan Jepang 3-1.

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2021