Rawan Pencurian Umur, Seleksi Pebulutangkis RI Diperketat

Suasana seleksi Audisi Umum beasiswa bulutangkis
Sumber :
  • VIVA.co.id/Donny Adhiyasa

VIVA.co.id - Polemik soal maraknya kasus pencurian umur di arena olahraga kini kerap jadi perbincangan publik di Tanah Air. Hal ini pula yang menyebabkan banyak kekhawatiran sejumlah pihak akan kian terpuruknya sistem pembinaan olahraga nasional belakangan ini.

Legenda Bulutangkis Tontowi Ahmad Meriahkan Turnamen Usia Muda di AEON Mall

Sorotan tak kalah mencuatnya pun timbul dari cabang bulutangkis yang masih kerap dihantui permasalahan serupa. Desakan penuntasan perkara ini langsung direspons PBSI dengan menggulirkan program pemutihan data usia atlet belum lama.

Lantas, upaya apa yang bisa dioptimalkan guna mencegah dan menghindari atlet agar tak terjerembab permasalahan tersebut? Mantan pebulutangkis Fung Permadi, yang kini pemandu bakat PB Djarum Kudus, sudah punya solusi.

Pensiun, BNI Beri Bantuan Atlet Muda Penerus Greysia Polii

"Ini bukannya menuduh, tapi tak dipungkiri memang, dalam audisi umum PB Djarum pun masih banyak praktik pencurian umur. Mungkin belum ketahuan saja sekarang," ungkap Fung kepada para wartawan.

"Demi mencegahnya, proses screening kita benahi dengan melakukan tes forensik, crosceck pada akte kelahiran, tahun pembuatan, tahun kelahiran, ijazah serta mengkonfrontir langsung ke sekolah dan orang tua yang Lamongan," tambah Fung yang pernah bermain untuk Taiwan itu.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Keabsahan proses tersebut nantinya akan dicocokkan dengan sejumlah data pendukung untuk mencegah praktik pencurian umur. (ren)

Jonatan Christie dan Shanju eks JKT48

Perjalanan Asmara Jonathan Christie dan Shanju eks JKT48, Berawal dari Teman Gereja

Resmi menjadi pasangan suami istri, tak sedikit yang belum mengetahui perjalanan cinta antara Jonathan Christie dan Shanju hingga akhirnya bersanding bersama di pelaminan

img_title
VIVA.co.id
1 Desember 2023