Awal 2018, Momentum Federer Bungkam Para Kritikus

Petenis asal Swiss, Roger Federer juara Wimbledon 2017
Sumber :
  • REUTERS/Daniel Leal-Olivas/Pool

VIVA – Tak bisa disangkal, Roger Federer adalah salah satu petenis terbaik yang pernah berlaga di pentas profesional. Dengan 19 gelar Grand Slam yang dipegangnya, Federer bahkan dinilai oleh banyak kalangan merupakan alien di dunia tenis.

Tak Lagi Muda, Novak Djokovic Bidik Sejarah Baru di Final Wimbledon

Punya karier mengilap di dunia tenis profesional, Federer sebenarnya juga pernah mengalami masa pahit. Itu terjadi di 2016 silam.

Kala itu, Federer dilanda cedera lutut parah dan membuat performanya turun drastis. Banyak pihak menilai era Federer sudah berakhir.

Novak Djokovic Bidik Rekor Roger Federer di Wimbledon 2023

Namun, penilaian tersebut dipatahkan Federer pada 2017 lalu. Sepanjang 2017, pria 36 tahun tersebut mampu menorehkan catatan menarik.

Dia menyabet dua gelar Grand Slam, yakni Australian Open dan Wimbledon. Dua gelar inilah yang melengkapi torehan 19 trofi Grand Slam miliknya sekarang.

Perpisahan Haru Roger Federer di Laver Cup, Nadal Ikut Menangis

Federer mengungkapkan rahasia kebangkitannya. Menurutnya, bekerja cerdas menjadi kunci utama.

"Saya mungkin bekerja lebih sedikit dengan kualitas lebih. Jadi, itu memberikan saya banyak waktu luang. Pada dasarnya, saya bekerja sama seperti kalian, setengah hari. Sebab, tak ada gunanya jika saya bekerja dengan giat dan lama. Saya sudah tahu celahnya, saya harus ada di sana jika memang diperlukan," ujar Federer dilansir Express.

Demi menegaskan keberadaannya, Federer bertekad untuk bisa kembali berprestasi di Australian Open (15 hingga 28 Januari 2018), turnamen yang memang sangat akrab dengannya. Lewat gelar Australian Open, Federer akan membuktikan kepada banyak kalangan bahwa dia belum habis.

"Saya harus membuktikan diri di Australian Open tahun ini. Saya bisa memenangkan seluruh laga besar ketika kondisi jadi genting. Saya yakin bisa, dan penting untuk terbebas dari cedera," kata petenis asal Swiss tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya