Dari Pembaca

Surat Hari Kemerdekaan

KEMERDEKAAN merupakan hak segala bangsa untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Bangsa Indonesia telah berhasil mengusir para penjajah lewat perjuangan panjang, yang telah dilakukan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan yang kemudian mereka wariskan pada generasi penerus. Harapan mereka tentu ingin melihat bangsa ini tumbuh menjadi bangsa yang besar dan dapat mensejahterakan rakyatnya.
 
Jika dilihat dari usia kemerdekaan, bangsa Indonesia telah 64 tahun merdeka. Namun apakah dengan usia kemerdekaan tersebut bangsa ini betul-betul dapat dikatakan sepenuhnya merdeka? Dan betulkah bangsa ini telah lepas dari hegemoni bangsa asing? Ini yang harus kita jawab bersama agar kita tidak terjebak dalam pengertian kemerdekaan yang semu.
 
Sebagai bangsa yang merdeka tidak berlebihan jika kita berharap agar kemerdekaan tersebut dapat dirasakan dengan baik oleh segenap masyarakat, merdeka untuk mendapatkan hukum yang berkeadilan, merdeka dalam berpendapat, merdeka dari kemiskinan, dan merdeka pula  dalam mendapatkan pendidikan yang layak agar kita menjadi bangsa yang cerdas. Tentu ini bukanlah pekerjaan mudah, akan tetapi dengan komitmen yang tinggi bukan tidak mungkin hal ini akan dapat terwujud dengan baik.
 
Untuk itu tidak ada salahnya jika kita kembali pada nilai-nilai yang terkandung dalam semangat UUD 1945 dan Pancasila secara utuh, agar semangat bernegara kita tidak bias dari harapan dan cita-cita para pahlawan yang telah mendahului kita.

Trik Segel Pesan WhatsApp Tanpa Blokir, yang Lagi Marahan sama Pacar Harus Baca

Disisi lain, semangat nasionalisme terus ditanamkan pada generasi muda dengan harapan rasa kebangsaan terus berkobar dalam diri mereka. Seperti yang dilakukan dalam gerakan Paraja Muda Kirana (Pramuka) yang sangat positif bagi generasi muda untuk membentuk generasi yang disiplin dan patriotik.
 
Akhirnya, semoga kita dapat memetik hikmah dari HUT kemerdekaan kali ini dengan menumbuh kembangkan kembali semangat kebersamaan dan gotong royong ditengah-tengah kehidupan bermasayarakat. Janganlah kita terjebak dalam upaya yang saling menyalahkan, dan mari kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif.

Segala upaya yang dilakukan untuk melakukan hal yang terbaik buat negeri ini pantaslah untuk kita tiru bersama. “Selamat HUT RI yang ke 64, Berkibarlah Benderaku, dan Jayalah Bangsaku”. Terimaksih.
 
 
Muhammad Dong Ghanie
Jaringan Epistoholik Jakarta (JEJAK)
Jalan Legoso Raya No. 24 Ciputat, Tang-Sel.
Email   : infojejak@yahoo.com
Web     : infojejak.blogspot.com
HP       : 081 869 2145, (021)-684 29854

Apple Plans to Launch Foldable Devices in 2025 and 2026
Ilustrasi private network

Mengapa Penting Menggunakan Private Network dan Cara Mencegah Social Engineering

Selain implementasi private network, upaya menjaga data pribadi dapat dilakukan melalui pencegahan social engineering.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024