Situs Jaringan Sosial untuk Kebaikan Sesama

Mulai hari-hari ini, kegiatan mudik sudah banyak dilakukan oleh warga kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, dan kota-kota lainnya. Itulah kegiatan rutin yang dilakukan warga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sepanjang jalur mudik, jalanan sudah mulai penuh sesak oleh kendaraan-kendaraan yang mengangkut para pemudik.

Bagi, para pemudik yang menumpang kendaraan umum atau pun pribadi biasanya tidak luput dari rasa bosan yang muncul di tengah kemacetan lalu lintas. Ada satu cara untuk menghilangkan kebosanan namun bermanfaat, yaitu melakukan browsing  (melalui telpon seluler). Dari kegiatan itu,  kita bisa memantau arus lalu lintas di jalan-jalan utama, misalnya dengan video streaming, atau pun mengikuti perkembangan berita di portal situs berita , bahkan bisa chatting dengan teman-teman kita.

Yang juga menyenangkan, kita pun dapat mengikuti status teman-teman yang memiliki account di situs jaringan sosial yang popular seperti facebook,  twitter, plurk, atau pun yang lainnya. Dengan demikian, di saat  yang sama, kita mengetahui siapa  saja teman-teman yang mudik, bahkan kita juga bisa juga bisa tahu atau mencari tahu (dengan bertanya tentu saja), titik-titik mana yang terkena macet  atau tempat  yang menyenangkan untuk liburan.

 Bagi pemilik account di situs jaringan sosial (untuk penggila facebook, sering disebut facebookker’s) disarankan agar menulis status yang berguna , efektif, dan bermanfaat, untuk kebaikan.  Caranya, tentu dengan menulis status yang bisa menghibur, bisa memberikan informasi,  bisa memberikan kata-kata motivasi yang mencerahkan, atau pun memberikan opini-opini yang membangun. Bahkan, bukan tidak mungkin untuk  mengirimkan doa harapan untuk keselamatan dan kesuksesan.

Dalam pandangan saya, mengisi status semata-mata hanya untuk kepentingan sendiri dengan kata-kata yang tidak pantas, sangat  tidak bijaksana dan termasuk dalam golongan orang-orang yang egois. Lebih baik, kita optimalkan  situs jaringan sosial ini untuk menulis informasi yang bermanfaat dan berguna untuk publik,  para sahabat kita. Melalui mudik dan situs jaringan sosial, mari kita jalin tali sulaturahmi yang lebih berhasil-guna. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.


Hormat kami,
BUDI PURNOMO
Pesanggrahan, Jakarta 12320
Email : epistoholik@yahoo.co.id

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024
Memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2024

Memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia: Menghargai Kreativitas dan Inovasi

Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia ditetapkan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) dalam Twenty-Sixth (12th Extraordinary) Session of the WIPO General

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024