Edhie Baskoro Yudhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA/Ujang Zaelani

VIVA.co.id – Edhie Baskoro Yudhoyono biasa dipanggil Ibas lahir di Bandung, Jawa Barat, 24 November 1980. Dia anak bungsu dari dua bersaudara dari pasangan Susilo Bambang Yudoyono dan Kristiani Herrawati. Kakaknya Agus Harimurti Yudhoyono. Ibas menikah dengan Siti Ruby Aliya Radjasa, anak dari Hatta Radjasa, dan dikaruniai anak Airlangga Satriadhi Yudhoyono.

Terbuka dengan Kritik, Ibas Sabet Penghargaan Legislator Teraspiratif

Dalam dunia pendidikan, Edhie Baskoro Yudhoyono terbilang beruntung. Dia dari keluarga berada saat dia tumbuh dewasa. Saat itu, ayahnya Susilo Bambang Yudhoyono dalam puncak kariernya. Setelah lulus SMA 39 Cijantung, Jakarta Timur, Edhie Baskoro Yudhoyono berkesempatan kuliah di luar negeri.

Dia menyelesaikan S1-nya di Curtin University, Perth, Australia dan meraih gelar Bachelor of Finance and E-Commerce pada usia 25 tahun, tepat setahun ayahnya sebagai Presiden RI ke-6.

Politisi Senior Partai Demokrat Max Sopacua Meninggal Dunia

Setelah menjalani pendidikan di Australia, Ibas melanjutkan pendidikan S2-nya di Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura. Dia berhasil menggondol gelar master spesialisasi Ekonomi Politik Internasional pada usia 27 tahun.

Karier Ibas tidak lepas dari lingkungan keluarga. Kakaknya Agus Harimurti Yudhoyono mengikuti memilih menjadi tentara, sementara Ibas merapatkan barisan ke dunia politik. Dua karier yang berbeda ini melekat pada sosok SBY. SBY sebelum menjadi politisi adalah perwira tinggi.

Ibas: Pembangunan Infrastruktur Jangan Jor-joran

Setelah lulus kuliah, Ibas mulai aktif di berbagai organisasi. Mulai dari kegiatan Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri TNI dan Polri (GMFKKPI), hingga Yayasan Majelis Dzikir SBY Nurussalam. Puncaknya, saat dia bergabung ke Partai Demokrat, partai bentukan ayahnya.

Saat terjun ke dunia politik, ayahnya sedang menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat dan Presiden RI. Pada pemilu 2009, Ibas mencalonkan menjadi anggota dewan dan terpilih Dapil Jawa Timur dengan perolehan suara terbanyak.

Karier di politiknya terus meroket. Pada 2010, namanya menjadi rebutan para calon ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum, Andi Mallarangeng, dan Marzuki Ali. Alhasil, ia menjadi Sekjen mendampingi ketua umum terpilih Anas Urbaningrum.

Pada pemilu berikutnya, dia terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dan sekaligus menjabat sebagai ketua Fraksi Demokrat di Senayan. Dia digadang-gadang sebagai penerus trah politik SBY.

BIODATA

Nama Lengkap               : Edhie Baskoro Yudhoyono
Nama Panggilan             : Ibas
Agama                          : Islam
Tempat, Tanggal Lahir    : Bandung, Jawa Barat, 24 November 1980
Jabatan                         : Ketua Fraksi Partai Demokrat-DPR RI-2014-2019
Akun media sosial                       : Twitter @Edhie_Baskoro
   
KELUARGA  
Istri                              : Siti Ruby Aliya Radjasa
Anak                             : Airlangga Satriadhi Yudhoyono

    
PENDIDIKAN

  • SMAN 39 Cijantung, 1996-1999
  • S1, Finance and E-Commerce, Universitas Curtin, Perth, Australia. 1999-2005
  • S2, International Political Economy, Universitas Teknologi Nanyang, Singapura, 2005-2007

KARIER

  • Kepala Pengembangan Industri Derivatif Pertanian KADIN Indonesia
  • Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat dan Olahraga Generasi Muda - Forum Komunikasi Putra Putri TNI dan Polri (GMFKKPI)
  • Sekretaris Yayasan Majelis Dzikir SBY Nurussalam
  • Ketua Departemen Kaderisasi DPP Partai Demokrat
  • Anggota DPR RI/Komisi I DPR RI, 2009-2014
  • Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang - Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olah Raga
  • Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, 2010-2015
  • Anggota DPR RI/Komisi X DPR RI 2014 - 2019
  • Ketua Fraksi Partai Demokrat-DPR-RI, 2014 - 2019
  •  
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya