Nila Djuwita F. Moeloek

Nila Djuwita Moeloek
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA.co.id – Nila Djuwita F. Moeloek biasa dipanggil Nila. Ia lahir di Jakarta, 11 April 1949. Nila merupakan istri dari Faried Anfasa Moeloek, Menteri Kesehatan pada masa  Presiden B.J Habibie 1998-1999. Ia dikaruniai tiga orang anak, yakni Muhammad Reiza Moeloek, Puti Alifa Moeloek, dan Puti Annisa Moeloek.

Menkes: Atasi Nyeri Kanker Butuh Penanganan Holistik

Nila besar dari lingkungan dokter. Orang tuanya adalah tenaga medis. Suami dan bahkan keluarga suaminya juga dari lingkungan dokter. Tidak salah bila Nila mengikuti jejak orang tuanya menjadi tenaga medis.

Nila pun mengambil kuliah kedokteran di Universitas Indonesia (UI). Dari jenjang S1 sampai jenjang S3 dia tuntaskan di UI. Ia memilih keahlian di bidang spesialis mata. Kariernya pun dia habiskan di dunia kedokteran. Dia memulai menjadi tenaga pengajar di almamaternya di Fakultas Kedokteran, sejak tahun 1980.

Waspada, Jalur Nagreg Selatan Tak Miliki Lampu Jalan

Ia juga aktif menulis jurnal kedokteran dalam dan luar negeri.  Nila menjadi motor penelitian-penelitian di Fakultas Kedokteran UI. Dia juga turut mengangkat peringkat UI di mata dunia dalam Higer Education-World University Ranking pada tahun 2009. Untuk di Indonesia UI masuk kategori terbaik.

Selain mengajar, dia juga mengamalkan ilmu medisnya. Dia bertugas di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) sebagai dokter spesialis mata.  Kadang juga praktik di Klinik Mata Talang,Jakarta, tidak jauh dari RSCM. Jiwa sosialnya juga yang mendorong untuk aktif di bidang sosial. Dia aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan dan profesi. Dia juga aktif di Ikatatan dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami).

Menkes Ingatkan untuk Cek Kesehatan Sebelum Ibadah Haji

Pada tahun 2010, dia sempat digadang-gadang menjadi menteri kesehatan pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bahkan dia sempat dipanggil ke kediaman SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Tapi, saat pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu II, namanya tidak tercantum. Tak jadi menteri, ia malah dijadikan sebagai Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals. Tugasnya menurunkan kasus HIV-AIDS dan angka kematian ibu dan anak.

Meski demikian, Nila tetap mengerjakan tugasnya dengan tulus. Ternyata, karier Nila terus menanjak. Memasuki usia yang tidak muda lagi, dalam usia 65 tahun, presiden terpilih Joko Widodo meminta Nila untuk menjadi menteri kesehatan dalam kabinet  Kerja 2014-2019. Ini adalah dunia yang bukan baru bagi Nila.  Apalagi ia pernah mendampingi suaminya saat  menjadi menteri kesehatan.

BIODATA

Nama Lengkap   : Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K)
Nama Panggilan : Nila
Agama                : Islam
Jabatan               : Menteri Kesehatan RI 2014-2019
Akun Media Sosial : Twitter @NilaMoeloek
   
KELUARGA  
Suami : Faried Anfasa Moeloek
Anak : Muhammad Reiza Moeloek
    Puti Alifa Moeloek
    Puti Annisa Moeloek

                        

PENDIDIKAN

  • S1, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia
  • S2, Spesialis Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  • S3, Ilmu Kedokteran, Universitas Indonesia

 

KARIER

  • Dosen di FK UI
  • Ketua Medical Research Unit FKUI sejak, 2007
  • Ketua Teknis Medis Bank Mata Indonesia, 2007 – 
  • Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, 2009 – 
  • Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia, 2010 – 
  • Ketua Yayasan AINI, 2011 – 
  • Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, 2011 – 2016
  • Utusan Khusus Presiden RI untuk Millenium Development Goals (MDGs), 2010 – 2014.
  • Menteri Kesehatan RI, 2014 – 2019
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya