Mochtar Riady

Mochtar Riady
Sumber :
  • Forbes

VIVA.co.id – Mochtar Riady lahir di Kota Malang, Jawa Timur, 12 Mei 1929 dari pasangan Liapi dan Sibelau yang berasal dari Fujian, Tionghoa. Mochtar Riady menikahi wanita asal Jember pada tahun 1951 yang bernama Suryawati Lidya dan dikaruniai empat orang anak. 

Pendiri Lippo Group Mochtar Riady Tertarik Adopsi Blockchain

Sejak kecil, Mochtar Riady bercita-cita menjadi seorang bankir, namun ketika itu keluarga mereka sedang miskin dan orang tua Riady bilang bahwa pekerjaan itu hanya untuk orang kaya. Dia dibesarkan bapaknya seorang diri karena ibunya meninggal saat melahirkan adiknya. 

Pada tahun 1947, Mochtar Riady menentang Pemerintah Belanda karena dia tidak setuju dibentuknya Negara Indonesia Timur dan sempat dipenjara di Lowokwaru, Malang dan kemudian dibuang ke Cina. Namun, Riady tidak membuang waktu dan langsung kuliah di sana mengambil jurusan filosofi di Universitas Nanjing. 

Borussia Dortmund Melangkah ke Final Liga Champions usai Tekuk PSG di Kandang

Dia pulang ke Indonesia pada tahun 1951. Dia langsung menikah dan diberi amanah untuk mengurus toko kecil milik mertuanya. Dalam waktu tiga tahun, toko tersebut maju sangat pesat bahkan menjadi toko terbesar di Kota Jember, Jawa Timur.

Kemudian pada tahun 1954, dia ke Jakarta. Akhirnya cita-citanya menjadi bankir mulai terwujud. Pada saat itu, meskipun tidak mengerti dengan ilmu akuntansi, dia  bekerja di Bank Kemakmuran. Kemudian dia belajar keuangan dan hanya dalam waktu yang singkat ia kuasai. Akhirnya kondisi Bank Kemakmuran berangsur-angsur membaik.

Terpopuler: Teuku Ryan Tertekan Jadi Suami Ria Ricis, Nikita Mirzani Bongkar Aib Rizky Irmansyah

Kemudian dia bekerja di bank-bank lainnya, termasuk Bank Panin pada tahun 1971. Namun pada tahun 1975, dia pindah ke Bank Central Asia (BCA) dan menduduki posisi penting. Ketika menjabat di BCA, dia membeli saham Bank Perniagaan Indonesia dan bergabung dengan Hasyim Ning pemilik bank tersebut dan meningkatkan aset yang dimiliki Bank Perniagaan Indonesia dengan cepat.

Sejarah Lippo Group pun berawal dari sini. Pada tahun 1989, Bank Perniagaan Indonesia melakukan merger dengan Bank Umum Asia dan lahirlah Lippobank yang menjadi awal dari Lippo Group. Hingga saat ini Lippo Group sudah memiliki lebih dari 50 anak perusahaan dan sudah merambah di kawasa Asia Pasifik. Bisnis Lippo Group antara lain jasa keuangan, properti, infrastruktur, industri, dan jasa.

Semua sukses ini dilakukan oleh Mochtar Riady dengan kerja keras dan tekun. Mochtar Riady mempunyai prinsip hidup untuk menjadi kunci kesuksesannya, yaitu Lie, Yi, Lian, dan Dje. Artinya kita harus memiliki sikap ramah, karakter yang baik, kejujuran, dan rasa malu.


BIODATA

Nama Lengkap              : Mochtar Riady
Nama Panggilan            : Riady
Tempat, Tanggal Lahir   : Kota Malang, 12 Mei 1929 
Jabatan                        : Pendiri Lippo Group
   
KELUARGA  
Istri                           : Suryawati Lidya
Anak                          : Rosy Riady
    Andrew Taufan Riady
    Stephen Tjondro Riady
    James Tjahaja Riady


PENDIDIKAN
Jurusan Filosofi, Universitas Nanjing, China

KARIER

  • Pengelola Toko, Jember, 1951
  • Pegawai Bank Kemakmuran, Jakarta, 1954
  • Pegawai Bank Panin, Jakarta, 1971 
  • Petinggi Bank BCA, 1975
  • Pemilik Bank Lippo, Jakarta, 1989
  • Pendiri Lippo Grroup, 1989
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya