Arifin Panigoro

Arifin Panigoro
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVA.co.id – Arifin Panigoro lahir di Bandung, Jawa Barat, 14 Maret 1945. Dia menikah dengan Raisis, dan dikaruniai dua orang anak, Maera Hanafiah dan Yaser Raimi. Arifin dikenal sebagai pengusaha atas bimbingan orang tuanya Jusuf Panigoro. 

Medco Caplok Newmont, Tiga Bank BUMN Suntik Pinjaman

Sejak kecil, ayahnya memperkenalkan Arifin tentang hidup mandiri dan kesuksesan. Bahkan saat di bangku sekolah, Arifin diajak ayahnya terlibat langsung dalam bisnis, Arifin diberdayakan mengelola toko dengan menjadi sebagai kasir.

Untuk mencapai cita-cita yang lebih tinggi, setelah lulus sekolah menengah atas, Arifin  kuliah di  Institut Teknologi Bandung (ITB) dan diraihnya gelar insinyur elektro pada tahun 1973. Dengan berbekal kemampuannya dari ITB, Arifin mencoba mandiri untuk bekerja. 

Respons Menteri ESDM soal Pencaplokan Saham Newmont

Karier bisnisnya dimulai sebelum tahun 1980-an, sebagai kontraktor instalasi listrik door to door. Selanjutnya, ia memulai proyek pemasangan pipa secara kecil-kecilan, seiring perkembangan zaman, usahanya mulai berkembang dan menunjukan kemajuan yang signifikan.

Kemudian, pada 1981 Arifin Panigoro memberanikan diri untuk menggarap proyek pipanisasi yang berdiameter besar dengan perusahaan barunya bernama Medco. Medco adalah singkatan dari Meta Epsi Drilling Company.

'Caplok' Newmont, MedcoEnergi Tunggu Restu Pemerintah

Usahanya semakin berkembang, pada tahun 1990, Medco mulai menunjukan kejayaannya. Setelah sukses di bidang bisnis, kemudian ia bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)pada tahun 1999, dan tiga tahun kemudian ia terpilih menjadi ketua DPP dan ketua Fraksi PDIP hingga tahun 2003. Namun, pada 2005 ia mengundurkan diri dari DPR dan PDIP dan membentuk Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

Setelah itu, kariernya di politik senyap, dan dia kembali membesarkan bisnisnya dengan bendera Medco Group. Tidak heran bila dikalangan pengusaha mengakui Medco Group sebagai perusahaan swasta lokal minyak dan gas yang terbesar di Indonesia. 

BIODATA 

Nama Lengkap             : Arifin Panigoro
Tempat Tanggal Lahir       : Bandung, 14 Maret 1945
Jabatan                              : Pendiri Medco Group
Agama                               : Islam
   
KELUARGA  
Istri : Raisis A. Panigoro
Anak : Maera Hanafiah
    Yaser Raimi

                               

PENDIDIKAN

  • Jurusan Elektro, Institut Teknologi Bandung (1973)
  • Senior Executive Programme Institute of Business Administration, Perancis (1979)

KARIER

  • Kontraktor Instalasi Listrik Door to Door (1980)
  • Pendiri Medco Group (1981)
  • Ketua DPP PDIP (1999)
  • Anggota DPR/Ketua Fraksi PDIP (2002-2003)
  • Pendiri Partai Demokrasi Pembaruan (2005)
     
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya