Protes Warga ke PLN, Tagihan Listrik Biasa Rp400 Ribu Jadi Rp19 Juta

Ilustrasi Petugas PLN saat memeriksa meteran listrik di suatu rumah susun di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Keluhan warga terkait tagihan listrik yang membengkak kembali viral di media sosial. Kali ini seorang warganet mengaku kaget setelah tagihan listrik bulanannya mencapai Rp19 juta.

Dalam cuitan di akun Twitter @ummudaardaa, ia mengunggah foto bukti tagihan listrik yang mencapai Rp19.675.707 dengan kapasitas listrik hanya 900 watt. Padahal menurut warga tersebut, tagihan listrik bulanannya biasanya hanya Rp400 ribu saja.

"Yang nanya bukti, nih aku zoom. Bukti tagihan listrik bulan ini. Waahhh @pln_123, padahal tagihan normal 400k dan listrik 900watt loh itu," tulis @ummudaardaa.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Baca juga: Pemerintah Sepakat Hapus Biaya Minimum Listrik bagi Industri

Tak hanya mengadukan keluhan tersebut kepada pihak PLN, warga tersebut juga menyebut akun twitter Presiden Jokowi perihal tagihan listrik itu. Dia mengaku tak pernah menunggak pembayaran listrik kepada PLN, namun tak ada solusi yang baik soal tagihan belasan juga itu.

Setelah bersabar, akhirnya pihak PLN datang dan menjelaskan bahwa tagihan listrik tersebut adalah kesalahan dari dua tahun lalu. Namun warga itu heran mengapa hal itu baru diusut sekarang.

"Dan jawabannya sudah saya duga, 'salah catat dari dua tahun lalu', jadi tetap ya kami disuruh bayar walau nyicil," kata dia.

Dilihat VIVA dari cuitan tersebut, pihak PLN telah membalas keluhan warganet tersebut di twitter. Pihak PLN menyampaikan permohonan maaf dan meminta warga tersebut mengirimkan data lewat direct message.

Viralnya tagihan listrik hingga belasan juga ini juga banyak dikomentari oleh warganet. Beberapa menyesalkan kesalahan PLN yang justru dibebankan kepada pihak konsumen.

"Harusnya ya, krn kata PLNnya dia salah catat dr 2thn yg lalu berarti itu resikonya PLN, ngga pantas utk d bebankan ke konsumen, kecuali kl konsumen nunggak br wajib d tagih, tp kl kesalahan PLN ya harusnya PLN yg tanggung. Gila aja masa kesalahan 2thn yg lalu bs ketauan skr," kata salah satu warganet.

"Salah catat? Apa ga salah? @pln_123. Ini bayar listrik kan 400k/bulan. Selesih 19 juta selama 2 tahun? 19 juta : 24 bulan = 791.667. Berarti seharusnya dia bayar listrik setiap bulan 400.000 + 791.667 = 1.191.667. Bayar 1.191.667 per bulan buat ukuran 900watt. PLN waras?," ujar netizen lainnya. (ren)

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!
Masyarakat Dubai Main Jetski Saat Banjir (Doc: TikTok)

Heboh Warga Dubai Asyik Main Jet Ski saat Kebanjiran, Warganet: Baru Mau Kirim Mi Instan

Meski dilanda banjir untuk pertama kalinya setelah 75 tahun, warga Dubai, khususnya di kawasan Al Barsha terlihat menikmati momen kebanjiran di wilayah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024