Viral Bocah Rajin Ikut Aksi, dari Habib Bahar Sampai Omnibus Law

Massa demonstrasi 1310 tolak Omnibus Law di Patung Kuda Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA/Solihin

VIVA - Aksi demonstrasi menentang pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja, diikuti oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari buruh hingga pelajar dan mahasiswa. Namun tak sedikit anak-anak di bawah umur dan masih duduk di bangku sekolah, yang ikut serta dalam aksi tersebut.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Salah satunya seorang bocah berusia 13 tahun bernama Davi. Dalam sebuah video yang viral di media sosial, bocah laki-laki tersebut mengaku sering mengikuti aksi demonstrasi di berbagai tempat mulai dari aksi mendukung Habib Bahar di Bandung hingga demo Omnibus Law, kemarin.

Baca juga: Kontras Sebut Tiga Anak Tersangka Demo Omnibus Law Ditelanjangi

Ketua DPD PSI Jakbar Mundur, DPW PSI Jakarta: Kami Tidak Mentolerir Kekerasan Seksual

Dalam video yang diunggah akun Instagram @jokersupriadi, Davi mengatakan dia tinggal di Cibinong dan masih duduk di bangku kelas 2 SMP. Dia mengaku mendatangi lokasi demo dengan menumpang truk-truk besar, terkadang sendiri namun kadang bersama teman-temannya.

"Tadi ikut aksi kena luka di perut sobek dikit. Sering ikut aksi, sampai ke Bandung persidangan Habib Bahar ke sana sendiri enggak punya duit," kata bocah itu kepada seorang wanita yang mengajukan beberapa pertanyaan.

Viral Trotoar Berbayar di Jakpus, Pemuda Ambil Keuntungan dari Pemotor yang Melintas

Ketika ditanya alasannya sering ikut demonstrasi, bocah tersebut mengatakan dia ingin membela negara dan Indonesia. Selain itu dia juga berharap Imam Besar FPI, Habib Rizieq, segera pulang ke Indonesia.

Sementara itu wanita dalam video itu mengatakan dia mendukung aksi nekat bocah tersebut mengikuti demonstrasi. Belakangan diketahui wanita yang merekam video itu merupakan salah satu anggota Front Pembela Islam.

"Kamu tahu rumah saya di sini, main di sini. Kamu enggak sendirian, banyak orangtua kamu. Sekarang banyak orangtua kamu. Semua yang ada di FPI jadi orangtua kamu. Bapak ibu guru jangan dimarahin anak ini, Insya Allah jadi anak yang hebat tangguh," ujar wanita tersebut.

Video bocah tersebut viral dan ramai dikomentari netizen. Banyak warganet menyesalkan anak di bawah umur yang seharusnya fokus pada sekolah dan pendidikan, namun harus turun ke jalan dan ikut aksi demonstrasi.

"Heran anak kecil udah di brain wash kaya gini, ibu2 ini gw yakin anak2 nya juga gak diizinin demo, anak orang d panas2in," ujar seorang netizen mengomentari video itu.

"Ya allah kasian banget masih kecil seharusnya belajar dan bermain sama teman2," kata warganet lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya