Viral Ceramah Gus Baha tentang Lonte

Rais Syuriah PBNU KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Potongan ceramah KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha yang membahas tentang Lonte mendadak viral. Nama Gus Baha menjadi trending topic di linimassa Twitter, Senin 16 November 2020. 

Terpopuler: Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Nikita Mirzani, hingga Codeblue Hajar TKO Chef Arnold

Polemik soal lonte ini berawal dari ceramah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab saat menggelar acara Maulid Nabi di Markas FPI Petamburan, Sabtu malam. Saat ceramah, Habib Rizieq sempat menyindir aparat keamanan yang justru sibuk menjaga rumah lonte yang menghina habib.

Tanpa menyebut siapa lonte yang dimaksud, Habib Rizieq justru meminta aparat segera menangkap orang yang menghina habib, bukan malah menjaga rumah lonte dari ancaman kepungan umat yang kecewa gara-gara ulama  dihina. 

Gak Cocok dengan Rizky Irmansyah, Begini Pasangan Ideal Buat Nikita Mirzani Menurut Dinar Candy

Perdebatan pun muncul di media sosial. Ada yang menilai seorang Habib tidak pantas menyebut kata lonte saat acara Maulid Nabi. Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, menilai apa yang di sampaikan oleh Habib Rizieq  sangat tidak sopan dan merendahkan perempuan.

Jagat maya pun ramai membahas soal kelaziman penyebutan lonte di depan khalayak umum. Banyak yang mengunggah potongan ceramah Gus Baha yang membahas tentang lonte sebagai rujukan, seolah merespon pernyataan Ketum Banser soal ceramah Habib Rizieq.
 
Berikut kutipan ceramah Gus Baha:

Adik Rizky Irmanysah Ungkap Hubungan Asmara Sang Kaka dengan Nikita Mirzani Settingan

..bahwa orang nakal harus kita katakan sundel, lonte. Itu kelontean dan kesundelan akan tabu terus selama orang masih ngomong lonte itu sundel, untuk orang wts itu lonte atau sundel. Artinya apa? orang masih jijik atau merendahkan derajat mereka yang berprofesi sebagai lonte atau sundel, dan ini baik bagi agama, bagi keberlangsungan moral, karena masih ada yang menjijikan proses-proses yang salah. Meskipun kita sebagai ulama, sebagai tokoh masyarakat, tentu mereka kita kasih ruang taubat juga kita kasih hak-hak martabat sebagai manusia, tetapi kita akan tetap bilang itu namanya lontel, sundel atau apa...

Akun Ustaz Maaher At Thuwailibi @ustadzmaaher_ salah satu yang mengunggah potongan video ceramah Gus Baha.

Semenatara itu, akun Young Lawyer @dusrimulya, juga membela ucapan Habib Rizieq sambil menautkan potongan video ceramah Gus Baha. Menurutnya, sebutan lonte itu baik karena menolong syariat agama agar orang takut menjadi lonte. 

Sebelumnya, Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab menyebutkan kata lonte saat peringatan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di kawasan Petamburan Sabtu malam, 14 November 2020. Pernyataan itu dilontarkan merujuk ke artis Nikita Mirzani.

Nikita Mirzani dan Habib Rizieq menjadi populer dalam percakapan media sosial dan dibincangkan masyarakat beberapa hari belakangan. Saling sahut dimulai dari Nikita yang menyinggung kedatangan Habib Rizieq ke Tanah Air sampai menyebut istilah 'Tukang Obat'. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya