Viral, Warga Santuy Lihat Semeru Erupsi, Netizen: Orang Korut Minder

Gunung Semeru di Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya.

VIVA – Aktivitas vulkanik di Gunung Semeru hingga awal pekan ini masih terus terjadi. Bahkan guguran awan panas masih teramati dengan jarak luncur 1.500 meter atau 1,5 kilometer.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Baru-baru ini beredar video viral di media sosial warga desa yang bermukim di sekitaran Gunung Semeru justru tampak santai menonton aktivitas vulkanis di Gunung Semeru. Dalam video yang diunggah akun Instagram @mountnesia, sekelompok warga dengan tenang menyaksikan kepulan asap tebal.

"Material vulkanik yang mengendap di curah kobokan selama enam hari ini masih panas dan tadi sore di kaki Gunung Semeru terjadi hujan lebat sehingga mengakibatkan banjir lahar dingin," tulis keterangan dalam video yang diunggah akun @mountnesia.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Baca juga: Vaksin Sudah Ada, Doni Monardo Minta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Pada video pertama terlihat kepulan asap sangat tebal menyelimuti wilayah desa. Menurut keterangan video, kepulan asap terjadi karena pertemuan antara lahar dingin dengan endapan abu luncuran lava yang masih panas.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Namun para warga di desa setempat justru berdiri tenang dan melihat kepulan asap itu dari jarak yang terbilang sangat dekat. Seorang pria dalam video memperingatkan warga untuk menjauh karena bahaya, namun mereka tak bergeming.

Video ini viral dan telah ditonton hingga ratusan ribu dan disukai lebih dari 61 ribu pengguna Instagram. Netizen justru terheran-heran dengan warga setempat yang sangat santui menyaksikan kepulan asap Gunung Semeru dari jarak dekat.

"Apa hanya di indonesia ya ada asap erupsi malah ditonton, santai banget... sementara orang teriak2 kasih peringatan.. Mereka santuy..," tulis salah seorang netizen di kolom komentar.

"Itu yg nonton nyawanya ada 9 . Ga ada takut2nya," kata netizen lain.

"Orang korea Utara dan Rusia minder lihat orang indo gini," ungkap warganet. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya