Viral Video Soeharto Berdialog dengan Siswa SMP soal Belajar Online

Mantan Presiden Soeharto
Sumber :
  • YouTube/@HM Soeharto

VIVA – Video Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto beredar saat melakukan dialog dengan siswa melalui webinar di media sosial Twitter. Dengan begitu, Presiden Soeharto disebut sebagai pioneer dalam proses belajar mengajar secara daring atau webinar.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Saat ini, pemerintah menerapkan proses belajar mengajar secara online. Karena, Indonesia masih dilanda pandemi wabah COVID-19. Aturan belajar online itu dengan diterbitkannya Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat COVID-19 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim.

Dalam video itu terlihat, Soeharto berdialog dengan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara virtual. Saat itu, Soeharto duduk di kursi didampingi Ibu Negara Siti Hartinah atau Ibu Tien. Banyak yang ditanyakan oleh Bapak Pembangunan almarhum Soeharto, dan siswa pun lancar menjawab pertanyaan tersebut. Namun, tak diketahui tahun berapa video tersebut diambil.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Selanjutnya, ada pesan yang disampaikan Soeharto kepada siswa yang mengikuti belajar secara daring, yakni fokus memperhatikan guru yang menyampaikan dan mencatatnya. Menurut dia, belajar daring merupakan tata cara pendidikan yang tidak mudah maupun juga tidak murah karena memakan biaya tinggi.

“Oleh karena itu, berhasilnya akan sangat tergantung pada para pelajar. Hendaknya supaya pada saat-saat diberikan pelajaran, harus memperhatikan tekun mengikuti, baik mengenai gambar maupun suaranya. Kemudian, jangan lupa mencatat. Karena masalahnya mungkin bisa diulang lagi, mungkin juga tidak (bisa diulang),” kata Soeharto dikutip dari video pada Jumat, 29 Januari 2021.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

Baca juga: Tolak Digusur, Tommy Soeharto Gugat Pemerintah Rp56,6 Miliar

VIVA Militer: Foto Keluarga Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

Dikenal sebagai jenderal pembangkang pada masa Soeharto, Abdul Haris Nasution adalah salah satu figur terkemuka yang memberanikan diri menantang kebijakan rezim.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024