Aprilia Manganang, Serda TNI Cantik Jadi Pria Trending Twitter

Mantan pemain Timnas Voli Putri, Aprilia Manganang
Sumber :
  • volleybox.net

VIVA – Netizen ikut kaget dengan terungkapnya identitas asli Sersan Dua TNI atau Serda Aprilia Manganang. Manganang yang sejak dulu diketahui berjenis kelamin wanita ternyata adalah Pria.

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

Pengakuan ini diungkapkan langsung oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di kantornya, Selasa 9 Maret 2021. Jenderal Andika menyebut, fakta tersebut didapat setelah Manganang selesai melakukan pemeriksaan medis pada Februari 2021 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. 

"Serda Aprilia ini punya kelainan pada sistem reproduksinya sejak lahir. Kelainan ini kita ketahui dengan istilah hipospadia," ucap Andika.

Meriahkan Lebaran, KSAD Jenderal Maruli Hadiri Open House di Rumah Dinas Pangkostrad

Pasca pernyataan KSAD tersebut, nama Aprilia Manganang jadi trending topik pertama di Twitter, Rabu 10 Maret 2021. Banyak komentar yang menjelaskan jika mantan pemain timnas bola voli putri memang terlihat seperti pria.

@kharismanism: I thought Aprilia Manganang was just simply a tomboy Pensive face ternyata memang boy beneran. But I’m sure he will be a gentleman.

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

@dian8teo: oke... Aprilia Manganang is a man... 
never mind i m still ur fans.. bcoz u have made collour in volleyball..
be a Amry never mind  .
man or woman who want fight for our country we should be proud ...

@oxfara: Yg terjadi pd Aprilia Manganang dlm dunia medis itu kita sebut sbg DSD atau disorder of sex development. Ini merupakan kondisi medis. DSD adalah kelainan bawaan pada perkembangan kromosom, gonad & struktur kelamin. Berbeda dgn transexual (LGBTQ) yg secara gender merasa berbeda

Diketahui Serda Aprilia datang ke Jakarta untuk menjalani serangkaian pemeriksaan. Tampak dalam video komunikasi yang disambungkan langsung ke RSPAD, Serda Aprilia didampingi kedua orangtuanya. Selain itu hadir pula istri dari Jenderal Andika Diah Erwiany dan sejumlah tim dokter yang menangani Serda Aprilia di ruang perawatan.
    
Hipospadia adalah suatu kelainan di mana letak lubang kencing pada bayi laki-laki tidak normal. Kondisi ini merupakan kelainan bawaan sejak lahir.

Pada kondisi normal, uretra terletak tepat di ujung penis. Namun pada bayi dengan hipospadia, uretra berada di bagian bawah penis. Jika tidak ditangani maka penderita hipospadia bisa kesulitan buang air kecil atau berhubungan seksual saat dewasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya