Viral Jenazah Digoyang-goyang, Prosesi Pemakaman Kaka Tercinta

Peti jenazah digoyang-goyang, prosesi pemakaman adat Toraja (Instagram/makassar_iinfo)
Sumber :

VIVA – Sebuah video prosesi pemakaman adat Toraja beredar di media sosial. Memang terlihat unik bagi yang belum mengetahuinya. Karena berbeda dengan kebanyakan daerah lainnya.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Dalam video yang diunggah akun Instagram @Makassar_iinfo terekam sejumlah anak muda sedang membopong peti jenazah  di jalan raya.

Di tengah jalan raya itu, mereka bermayoritas memakai kaos hitam mengangkat peti jenazah kayu berwarna cokelat. Mereka mengusung tinggi-tinggi peti jenazah sambil mengoyang-goyangkannya.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Mereka bergerak dan berjalan tanpa arah. Mendorong peti ke pinggir jalan, ke belakang dan kembali ke tengah jalan. Kadang warga lainnya, tiba-tiba masuk rangkaian dan ikut memegang peti sealigus mendorong, mengoyang-goyangkannya dengan riang.

Pemandangan ini memang berbeda dengan prosesi pemakaman dari suku atau daerah lainnya. Mereka semua terlihat gembira dalam melakukan prosesi ini. 

Suasana Rumah Duka Mooryati Soedibyo, Dipenuhi Pelayat dan Karangan Bunga

"Angkat peti jenazah sambil goyang merupakan adat dari Toraja Sulawesi Selatan untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan," tulis caption pada video yang diunggah akun @makasarr_iinfo, Sabtu (15/5).

Sementara dalam video itu sendiri ada tulisan "Proses Pemakaman Kaka tercinta" dan keterangan "Berau Kaltim 04.05.21".

Tampaknya, video ini prosesi pemakaman warga adat Toraja di daerah Berau, Kalimantan Timur, pada Selasa, 4 Mei 2021 lalu. Kematian bagi mereka adalah suka cita. Itulah aneka ragam prosesi pemakaman di Tanah Air.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya