Viral Video Wanita ODGJ Cantik Depresi karena Laki-laki "Buaya"

Ilustrasi/Pasien gangguan jiwa
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – Gangguan jiwa bisa menyerang siapapun tanpa terkecuali.  Seperti fisik, mental dan jiwa seseorang juga bisa mengalami gangguan. Gangguan jiwa merupakan keadaan yang memengaruhi emosi dan perilaku seseorang.  Banyak orang menyebut gangguan jiwa atau mental ini dengan "orang gila","orang tidak waras" atau "sakit jiwa".  

Mayat Wanita Dalam Peti Kemas Ternyata ODGJ, Terbawa dari Fakfak ke Tanjung Priok

Tidak heran, jika seseorang yang mengalami gangguan pada jiwanya, sering dikucilkan dan mendapatkan sikap tidak sewajarnya dari orang-orang sekitar. Mulai dari diejek, dihina, dijauhi dan juga yang lebih parahnya lagi dipasung. Padahal, untuk mengatasi gangguan semacam ini kita bisa membawanya ke Rumah Sakit Jiwa untuk diberikan penanganan kusus dan semestinya.

Orang yang mengalami gangguan jiwa akan terkuras pikiran, perasaan dan suasana hatinya. Semuanya terasa kacau balau. Seseorang yang menderita gangguan jiwa biasanya akan stres berat, depresi, cemas berlebihan, gangguan makan dan perilaku adiktif.  Tak jarang, mereka akan meluapkan emosinya saat depresi serta kecemasan itu melanda pada dirinya. 

8.808 ODGJ di Sumut Memiliki Hak Suara di Pemilu 2024

Banyak penyebab seseorang mengalami gangguan jiwa, tapi yang paling umum dan sering terjadi gangguan ini terjadi karena masalah dengan lingkungan sekitarnya. Entah karena perceraian, kematian, kekerasan dari lingkungannya, diselingkuhi, diperkosa bahkan dipermainkan oleh laki-laki buaya darat. 

Seperti baru-baru ini tengah viral video wanita cantik pengidap gangguan jiwa di media sosial. Meskipun mengalami gangguan jiwa, wajahnya tidak terlihat dia seperti tidak terurus. 

Pria Ini Pukul ODGJ Tak Bersalah Hingga Tersungkur ke Tanah, Langsung Meraung Kesakitan

Video yang viral di TikTok lalu diunggah ulang oleh akun @Smartgrammakassar pada 12 Juli 2021, membagikan kisah pilu seorang wanita cantik yang menderita ODGJ. Dia bernama Rina, seorang wanita cantik yang masihberusia 20 tahun.  Dirinya tinggal di  Dukuh Keleng, Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Singkat cerita penyebab Rina mengalami depresi berat yaitu, karena seorang laki-laki berkhianat.  Dirinya menjadi stres dan depresi lantaran pernah memiliki hubungan dengan seorang laki-laki yang tega mengkhianatinya. 

Sakit stres dan depresinya saat mengetahui sang laki-laki berkhianat, Rina pun terjatuh dan pingsan. Dan saat sadarkan diri, dia tidak lagi mengenali dirinya. Itu terjadi empat tahun yang lalu. Sejak saat itu, Rina lantas dianggap mengidap gangguan jiwa sehingga ia dikategorikan sebagai Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Pihak keluarganya selalu merasa khawatir dengan keadaan yang dialami Rina. Oleh karena itu, pihak keluarga mengurung Rina di kamar rumahnya. Bukan takut karena mengamuk, tapi orang tuanya khawatir Rina akan kabur lagi seperti yang pernah dilakukannya beberapa waktu lalu.

Segala pengobatan sudah dilakukan oleh pihak keluarga demi kesembuhan Rina, namun sayang usaha kali itu tidak membuahkan hasil.  Rina sudah 4 tahun dikurung di kamarnya, setelah itu akhirnya pihak keluarga membawanya ke RSUD?Harjono Ponorogo, program bebas pasung dari pemerintah setempat.
?
"Sampai hari ini dia sudah sebulan dirawat di RSUD. Rencananya akan dirujuk ke RSJ di Solo," ujar Kepala Desa Ngebel, Mujiono.
?
Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Rina tampak lebih tenang. Ia memeluk ibunya saat mereka bertemu.

Sontak saja video pilu sekaligus miris ini membuat netizen angkat bicara. Tak sedikit dari merekla yang 

"tolong kasian, berhenti mko jadi buaya????. Kasian kaum hawa nu kasih bgtui????" tulis @bfd_rinaldi 

"Semoga Allah segera memberikan kesembuhan padamu ya cantik, bisa jd kebanggaan klrg ya nak, peluk jauh dr ibu nak," tulis Yuni'33 di akun Tiktok @Rifad Arasky

"luar biasa ke inginkannnya utk belajar, sampek menjadikany seperti ini,, mungkin terlalu berambisi utk menuntut ilm," tulis Unda Cadit di akun Tiktok milik @Rifad Arasky

"ini kayanya dikerjain orang," tulis kevinsigit11

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya