Viral, Cara Persuasif Kasatpol PP Kota Bogor 'Tertibkan' Pedagang

Foto Ilustrasi: Anggota Satpol PP
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Sebuah video viral berdurasi 2.06 menit, menjadi perbincangan luas. Dalam unggahan video di akun Instagram Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, memperlihatkan Kepala Satpol PP Kota Bogor Agustiansyach, memberi pemahaman para pedagang di wilayahnya.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Tidak seperti beberapa video lain yang memperlihatkan aksi pembubaran, dalam video itu Agus mendatangi langsung pedagang. Ia menghampiri satu-satu pedagang pinggir jalan dan menyapanya.

"Sepi banget ya? Sabar sabar dulu ya," kata Agus dalam video tersebut, dikutip Rabu 14 Juli 2021.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Ia memberi penjelasan mengenai aturan PPKM Darurat saat ini. Ada jam maksimal para pedagang bisa menggelar dagangannya. Dengan halus, ia menyampaikan tidak apa-apa berjualan sampai jam tersebut. Asal pembeli tidak makan di tempat.

"Malaman dikit boleh, yang penting jangan ada yang makan di tempat. Sip Oke. Sabar sabar semua ya, sehat sehat ya," katanya.

Detik-detik Pengemudi Zenix Lawan Arah di BSD, Diingatkan Malah Marah

Para pedagang nampak senang, mendapat penjelasan langsung seperti itu oleh Kasatpol PP tersebut. Mereka mengiyakan apa yang disampaikan. Lalu Agus dan anggotanya membagikan bingkisan ke pedagang itu. Ia juga memastikan, jika kondisi sudah membaik, aktivitas akan kembali ramai.

Salah seorang pedagang lain yang dihampiri Agus, juga mengatakan dia baru buka sore itu. Agus tidak mempersoalkan, tapi ia meminta agar pembeli tidak makan di tempat. Pedagang tersebut menyanggupinya.

"Terima kasih pak," kata pedagang yang awalnya takut, ternyata mendapatkan bingkisan itu.

Ia lalu mendatangi seorang ibu lagi yang duduk menunggu pembeli di gerobak dagangannya. Ibu tersebut mengakui dagangannya sepi dan saat ini sulit.

"Kondisinya lagi sulit sekarang, tapi insya Allah sama sama kita bisa melewati ini," katanya ke ibu pedagang itu.

Lalu dijelaskan aturannya, bahwa tidak boleh makan di tempat. Ibu penjual itu mengetahui aturan dan memang tidak membolehkan pembelinya makan di tempat. 

Pedangan-pedagang lain yang ditemui Agus dan diberi penjelasan, menyatakan kesiapannya menaati aturan tersebut. Mereka juga berterima kasih karena diberi bingkisan.

"Terima kasih Pak Kasatpol PP @agus_syach dan team," tulis Wali Kota Bima Arya.

Video itu juga diunggah juga oleh Addie MS. Ia menulis caption di akun Instagram miliknya berjudul 'SIMPATIK'. Ia menilai, aksi Kasatpol PP Kota Bogor itu dalam pendekatan kepada masyarakat, patut ditiru oleh yang lainnya.

"Kasatpol PP Bogor, Pak Agus ini melakukan tugasnya dengan kreatif dan simpatik. Semoga menginspirasi kita untuk berempati pada sesama di saat sulit sekarang ini," tulis Addie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya