Viral Video Kepanikan Warga Tojo Una Una Pasca Diguncang Gempa

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Gempa bumi merupakan getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat adanya pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasa disebabkan karena adanya pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi. Selain itu gempa bumi juga bisa disebabkan karena letusan gunung api.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Baru-baru ini viral video di media sosial guncangan hebat yang melanda kota Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada Senin 26 Juli 2021 tepatnya pukul 19.09 WIB.  Guncangan gempa dengan dengan kekuatan 6.5 berhasil membuat warga di Kabupaten Tojo Una-Una seperti kebakaran jenggot. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tojo Una Una mengatakan, guncangan hebat itu terjadi selama 3 detik.

Berdasarkan analisis BMKG, guncangan gempa tersebut dirasakan oleh seluruh warga di Sulawesi.  Video yang diunggah oleh akun Instagram milik @undercover.id pada 27 Juli 2021 ini memperlihatkan kepanikan para warga Ampana usai adanya guncangan gempa yang melanda kotanya.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Pada video tersebut terlihat kepanikan serta ketakutan pun langsung dialami oleh semua warga Sulawesi Tengah usai mendapat getaran gempa hebat. Dari video unggahannya itu, terlihat gempa dengan guncangan 6,5 ini berhasil membuat warga berlari keluar rumah untuk mencari tempat perlindungan.

Warga Ampana

Photo :
  • Instagram
Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Warga Ampana

Photo :
  • Instagram

Banyak warga berhamburan keluar rumah pada saat guncangan tersebut berlangsung. Tanpa memikirkan penggunaan masker di masa pandemi Covid-19, mereka pun langsung bergegas mencari tempat aman untuk berlindung. Terlihat pada video tersebut, ramai kendaraan yang berlalu lalang di sekitar jalan raya Tojo Una-Una dan juga warga yang berjalan kaki sambil mencari informasi dan tempat perlindungan. 

Sontak saja hal tersebut menimbulkan kemacetan dan kerumunan warga di jalan raya. Pantauan BPBD mengatakan, jika para warga mengungsi ke wilayah yang lebih tinggi yaitu di Desa Sansarino Kecamatan Ampana Kota. Pada saat kejadian berlangsung, jaringan listrik masih padam.

BMKG memberikan rekomendasi pada masyarakat di Pesisir Bolaang dan Bunta untuk menjauhi pantau sementara waktu dan tetap tenang.  BNPB juga mengimbau agar para warga tetap bersikap tenang dan tidak panik dengan adanya situasi saat ini di Ampana Kota dan sekitarnya.

Sontak saja unggahan video tersebut mengundang rasa empati para netizen dan tidak sedikit  yang mendoakan agar Ampana Kota, Kabupaten Toja Una Una Sulawesi Tengah selalu baik-baik saja.

"Semoga Allah memberikan ketabahan Aamiin," tulis Yuniyusuf18

"Ya Allah, SMG mereka semua dlm lindungannya n dijauhkan dari bala bencana, aamiin." saut zidnvy_zidvy

"Kota sy yg berjarak 300 km saja terasa begitu kuat goyangannya," tulis iqrailmanhuda

"semoga semua baik2 saja," tulis ika.ikong

"Mari sudaraku ambil sisi positifnya tuhan mengingatkan kita agar kembali ke jalan yang benar,"  tulis ilbrugman
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya