Viral Video Tes Kejujuran Ojek Online yang Berujung Air Mata

Ilustrasi pengendara ojek online.
Sumber :
  • Instagram @dramaojol.id

VIVA –  Di masa-masa seperti sekarang ini, membuat banyak orang sangat sulit mencari dan mendapatkan penghasilan. Ditambah lagi dengan adanya perpanjangan kebijakan PPKM Darurat yang memberikan imbas pada seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi para pedagang, pemilik rumah makan serta ojek online yang paling merasakan imbasnya.

Tak Diberi Tempat Parkir, Ratusan Ojol Geruduk AEON Mall Tangerang

Tapi kendati demikian, di balik kesulitan ekonomi yang sedang dihadapi saat ini banyak hikmah yang bisa diambil. Salah satunya banyak orang yang berlomba-lomba untuk memberikan bantuan dana pada orang-orang yang tidak mampu atau yang lebih membutuhkan.

Banyak yang membagikan unggahan video berupa social experiment pada orang-orang yang membutuhkan di masa-masa sulit sekarang ini. Mulai dari konten kreator TikTok, YouTuber, selebgram hingga para artis juga tidak mau ketinggalan untuk melakukan aksi social experiment atau eksperimen sosial.

3 Ojek Online asal Rusia, Ada yang Beroperasi di Indonesia

Terkadang eksperimen sosial kerap menggunakan manusia sebagai objek penelitiannya. Hal ini bertujuan untuk mengamati perilaku serta kepedulian di masyarakat dengan orang sekitar. 

Dewasa ini, siapapun bisa menjadi peneliti sosial. Seperti di kanal YouTube yang sering banyak ditemukan. Seperti salah satu YouTuber yang baru- baru ini melakukan aksi eksperimen sosial terhadap driver ojek online. Dia adalah Hasan, seorang YouTuber yang melakukan aksi sosialnya terhadap driver ojek online.

Gak Nyangka Ojol Kirim Pesan yang Bikin Kaget Penumpangnya

Melalui aksinya, Hasan berbagi kebahagiaan dengan memberikan sedikit yang dia miliki pada driver ojek online. Kali ini Hasan melakukan social experiment dengan memberi tantangan pada seorang ojek online. Di mana, Hasan ingin melihat kejujuran dari seorang driver ojek online.

Video yang diunggah oleh akun @insta.nyinyir pada 10 Agustus 2021, memperlihatkan seorang driver ojek online bernama Dido yang sedang menunaikan salat di masjid sembari beristirahat. Setelah menunaikan salat di masjid, sang driver ojek online tiba-tiba dihampiri oleh seorang pria. Di mana pria tersebut adalah Hasan, sang YouTuber yang sedang melakukan aksi sosialnya. 

Driver ojek online ini diberikan amanah dari sesesorang di depan masjid. Di mana seorang pria itu mengaku sedang terburu-buru ingin pergi ke bandara , sehingga tidak sempat untuk memberikan barang titipannya pada anaknya di rumah.

"misi mas, masnya dari gojek ya. aku boleh minta tolong gak kirim barang tapi tanpa aplikasi," ujar Hasan

"Enggak berat kan ya?" jawab sang driver ojek online. 

Setelah meminta tolong pada sang driver ojek online, kedua pun bergegas melakukan salat lebih dulu.

Setelah selesai salat, kemudian Hasan menanyakan kembali pada pengemudi online tersebut.

"Gimana mas  bisa ngirim ini?" tanya sang YouTuber Hasan.

"kalo enggak berat ya bisa aja," jawab pengemudi online.

Setelah melihat isi barang yang dititipkannya, sang driver online pun dibuat terkejut, lantaran harus mengantarkan uang dengan nominal fantastis. Sang pengemudi online pun mengiyakan amanah si YouTuber Hasan itu, dan langsung bergegas pergi ke lokasi yang telah disebutkan oleh si YouTuber itu. 

"Duh, dimana tadi masnya cepet banget ilangnya. Misal dibawa lari, itu Rp100 juta Ya Allah", ungkapnya.

Sesampainya di alamat yang dituju, si driver ojek online pun dibuat bingung mengetahui bahwa dirinya diikuti oleh pria yang memberikan titipan tersebut.

"Gini mas, ini tadi saya pura-pura. Saya nggak beneran berangkat ke bandara," jelas Hasan, sang pemesan ojek online.

"Tak pikir beneran. Ini coba dicek dulu mas," ungkap sang ojol.

Tak beberapa lama, setelah memeriksa barang titipannya, ia pun penasaran mengapa sang pengemudi ojol masih berbuat jujur.

"Kenapa mas jujur?" tanyanya.

Sambil kebingungan, sang pengemudi ojek online pun  menjawab bahwa ia harus jujur lantaran ajaran dari sang ibu untuk tidak berkata bohong.

"Ya ini dari ibu. Saya ditanamkan untuk jujur. Kalau nggak jujur, nanti balik juga ke kita," jawabnya.

Dalam video tersebut, sang YouTuber mengatakan jika dirinya akan memberikan hadiah yang sesuai dan bernilai bagi driver ojek online itu.

"Alhamdulillah mas jujur. Mas juga sholat dulu tadi sebelum berangkat. Ini saya ada hadiah. Ya anggap saja rezeki dari Allah."

Sambil bertanya-tanya kepada sang YouTuber, apakah hadiah pemberiannya ini serius atau tidak. 

Rupanya, Hasan sudah mempersiapkan hadiah spesial dalam aksi sosialnya kali ini. Dirinya menyiapkan satu buah motor bekas miliknya yang sudah diperbaiki dengan rapih dan apik untuk si pengemudi ojek online.  Sontak saja, hal tersebut membuat driver ojek online bercucuran air mata dan tak kuasa menahan tangisannya saat mengetahui dirinya mendapati hadiah motor. Dan tidak lupa sujud syukur pada yang memberi kuasa. 

"Sebenarnya pengen juga yang baru. tapi belum ada rezeki, semoga masnya selalu diberi rezeki dan kesehatan. Makasih banyak mas," ujar sang driver ojek online sembari menangis sesegukan.

Sontak saja aksi social experiment ini menjadi perhatian publik dan tidak sedikit yang berkomentar positif pada aksi yang dilakukan oleh sang YouTuber, Hasan.

" terimakasih orang baik," tulis herlina_rapanna

"Ya Allah dr mukanya keliatan hatinya bersih," tulis tryginaramadhani.

"Doain aku punya rejeki banyak ya guys, biar bisa ngerasain rasanya berbagi sprt ini. Aamin. Semangat kita," saut  cxv_anis

"Terharu, sehat2 buat orang baik. berkah selalu," tulis razka_damaiyanti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya