Sosok Penghulu Viral Karena Gaya Nasihatnya Bikin Ngakak

Penghulu Viral
Sumber :
  • Twitter/yoghienugroho

VIVA – Pernahkah kalian menyaksikan pernikahan dengan gaya lucu? Inilah sosok penghulu viral karena gaya nasihatnya bikin ngakak.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Belakangan ini media sosial dipenuhi cuplikan video seorang penghulu. Pesan atau nasihat yang disampaikannya kepada pangantin bikin ngakak.

Sosok penghulu viral

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Diketahui bahwa penghulu yang viral tersebut merupakan Kepala KUA Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa timur, Ustaz Anaz Fauzi. Saat ini ia tengah mengejar gelar doktoral di Unisma Jurusan Pendidikan Islam Multikultural.

Beragam momen saat memimpin ijab kabul kini selalu jadi topik perbincangan warganet. Sebab nasihat Ustaz Anas Fauzi ini lugas, mudah dipahami, dan santai. 

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

Dalam nasihat kepada kedua pengantin juga diselingi dengan candaan yang kocak. Nasihatnya dikemas kocak dan mengundang gelak tawa. Diketahui bahwa alamat kantornya beralamat Jl. Candi Panggung No 54, Mojolangu.

Videonya viral

Videonya saat ini sudah viral di media sosial, terutama pada aplikasi TikTok dan Instagram. Anas mengaku, video yang viral itu dilakukan saat pra atau pasca ijab Kabul.

Karena dalam proses ijab Kabul memang harus serius sesuai dengan aturan. Video yang viral tersebut merupakan sebuah potongan-potongan video sebelum ataupun sesudah proses ijab Kabul.

Penghulu berpengalaman

Penghulu yang bernama Ustaz Anas Fauzi diketahui sudah berpengalaman sebagai penghulu. Ia mengaku telah menjadi penghulu sekitar 12 tahun.

Pesan nasihat kepada pengantin

Diketahui bahwa Ustaz Anas Fauzi memiliki ciri khas dengan gaya nasihatnya. Anas mengaku, kerap kali menyisipkan ilmu menikah saat memimpin ijab kabul pengantin.

Dengan gaya guyonan tersebut, dia berharap, para pengantin saat pulang akad nikah mendapat ilmu terkait pernikahan dalam Islam.

Cara guyonan itu memang tidak membutuhkan waktu panjang. Dia berusaha mempersingkat waktu, namun ilmu yang diutarakannya bisa dimengerti dan diingat oleh para calon pengantin.

Mendapat respons positif

Ustaz Anas Fauzi merupakan Alumnus UIN Malang. Ia mengatakan bahwa cara berceramah singkat di sela-sela akad nikah seorang pengantin mendapatkan respons positif dari masyarakat.

Banyak undangan

Berkat videonya yang viral, banyak calon pengantin atau keluarganya yang mengontak Anas secara pribadi untuk datang menjadi penghulu.

Anas mengaku diminta untuk datang menjadi penghulu di luar kota bahkan luar pulau. Bahkan ia diminta calon pengantin di Makassar, Banjarmasin dan juga di Tuban. Namun permintaan tersebut terpaksa ia tolak lantaran tidak sesuai dengan tugas kewilayahannya.

Memenuhi panggilan undangan

Karena ada beberapa calon pengantin yang memaksa untuk menikahkan calon pengantin, ia pun datang. Ia menyanggupi untuk datang ke rumah calon pengantin namun bukan sebagai penghulu.

Ia menyanggupi undangan sebagai ustaz ataupun khatib. Ia juga harus menyesuaikan dengan jadwalnya bekerja. Jika di hari Sabtu atau Minggu ia sanggupi jika tidak ada pekerjaan. Namun ia masih memfokuskan untuk menikahkan berdasarkan SK dari Kemenag wilayah Lowokwaru. 

Pria yang gemar bergurau ini mengatakan senang dengan banyaknya masyarakat atau netizen yang terhibur atau mendapat ilmu dengan video-video dirinya. Ia tidak mempermasalahkan terkenal ataupun tidak. Karena ia fokus tujuannya yaitu bermanfaat.

Baru viral sekarang

Meski gayanya sebagai penghulu dengan lelucon tersebut telah ia terapkan sejak tahun 2009 baru viral, hal ini ia ungkapkan sebagai obat selama PPKM darurat yang tengah berjalan. Kejenuhan akibat PPKM membuat orang jenuh dan membutuhkan sebuah hiburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya