Viral Video Wanita Melahirkan di Tengah Laut saat Cuaca Ekstrem

Ilustrasi perahu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA –  Jika biasanya menjelang detik-detik melahirkan kita sudah berada di Rumah Sakit atau Bidan untuk mempersiapkan segala persiapan menyambut buah hati. Tapi tidak dengan seorang ibu yang berada di Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah ini. Di mana, dengan penuh suka cita ibu ini harus terpaksa melahirkan di atas laut alias di perahu. 

Haru, Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Menangis Saat Pertama Dengar Suara Anak Perempuannya

Baru-baru ini  beredar sebuah video yang mengandung bawang alias bikin banjir air mata. Diunggah oleh akun Instagram milik @lambecewek pada 01 September 2021. Di mana pada unggahan video tersebut terlihat betapa malangnya ibu yang tengah mengandung ini harus melewati deburan ombak yang tidak tenang dengan menggunakan perahu, hanya untuk mendapat rujukan tempat bersalin.

Melahirkan

Photo :
  • Instagram
Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Kejadian video viral ini pertama kali dibagikan di kanal Facebook Antania Ahmad, yang merupakan seorang tenaga kesehatan di puskesmas Lantiobung, Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Kejadian tersebut terjadi saat si ibu yang berbadan dua itu dirujuk ke rumah sakit dikarenakan ada beberapa hal. Ibu yang sedang mengandung terpaksa dibawa lari dengan menggunakan perahu menuju ke 
Rumah Sakit Banggai. 

Alyssa Soebandono Unggah Foto Anak Ketiga yang Baru Lahir dan Ungkap Namanya

Sumarti Sawali, 42 tahun yang datang ke puskesmas pada Rabu pagi, harus dirujuk kerumah sakit karena mengalami risiko tinggi jika tetap melahirkan di puskesmas. “Pasien dirujuk karena tekanan darahnya tinggi,” kata Antania.

Hal tersebut dilakukan demi keselamatan si ibu dan calon bayi yang ada di kandungannya.  Pada unggahan video tersebut ditulis, " Melihat cuaca dan ombak yang lagi musim di daerah kami, sebenarnya berat hati untuk melakukan perjalanan laut dari kecamatan menuju kabupaten,".

"Tapi karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan, terpaksa pasien harus segera dirujuk," Tambahnya.

Perjalanan dari puskesmas ke Rumah Sakit Banggai hanya bisa dilalui dengan jalur laut yang memakan waktu dua jam perjalanan dengan menggunakan perahu. 

"kami menggunakan perahu kecil untuk melakukan rujukan ke kabupaten," ujarnya.

Dalam video unggahannya,  untuk menuju ke rumah sakit dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit perjalanan di tengah laut.  Namun, takdir Allah berkehendak jika sang ibu yang tengah hamil itu harus melahirkan di tengah laut dengan suasana ombak yang kurang bersahabat.

Sontak saja kejadian tak terduga tersebut, membuat salah satu bidan yang ikut serta di perahu itu turun langsung bertindak untuk memberikan tindakan dengan tenang dan mencoba untuk tidak panik.

Tidak hanya itu, peralatan medis yang dibawa saat perjalanan juga sangat seadanya.  Dan dengan kondisi yang tidak memungkinkan, melahirkan di tengah laut sang bidan pun berhasil menyelamatkan nyawa ibu dan bayinya.

Sontak video tersebut jadi sorotan dan ramai di media sosial. Tidak sedikit netizen berkomentar ikut perihatin saat sang ibu tersebut melahirkan di tengah laut.

“Kok pingin nangis lihatnya.. kebetulan baru kemarin pagi istriku melahirkan di rumahsakit dengan fasilitas lengkap. Itu aja udah bikin deg2an apalagi ini di perahu ya cuma segitu. Panjang umur bu bidan, semoga pengabdian dan kebaikanmu dibalas oleh Allah SWT,” tulis salah satu netizen.

“Lagi hamil 9bulan juga. Masya Allah memang luar biasa perjuangan seorang wanita. Bismillah mohon doanya agar persalinan saya lancar dan sehat semua bayi serta saya nya????????” tulis netizen lainnya.

“Adek kecil yang mungil kelak kamu sudah dewasa kmu akan menjadi orang bisa menaklukkan lauttan seperti ibu Susi ??????????” tulis intanputriitereza.

“Alhamdulillah selamat semuanya?????? sedih bgt klo liat pengorbnan ibu melahirkan???? yg w pkirn gmn jahit stlh lahirn kan ombk lg ga brshbt gtu???????? w yg prtma kali ngelahirin anak prtma rasanya sngt luar biasa sakitnya tp stlah liat anak dlm keadaan seht semua hilang dan bhgia skli bs melahirkn dgn kondisi ank sehat walafiat????”, saut leo_astrologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya