Nur Sajat, Selebgram Transgender Ditangkap Usai Umrah Pakai Mukena

Nur Sajat
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube/TheStar

VIVA – Nur Sajat, selebgram transgender ditangkap usai heboh fotonya saat umrah memakai mukena dan berpose di depan Kabah. Nur Sajat merupakan seorang selebgram dan pengusaha asal Malaysia. Dia melarikan diri ke Thailand usai didakwa atas kasus pelanggaran UU Syariat di Malaysia.

Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, Siapa Saja Mereka?

Kronologi dan Fakta-fakta Skandal Nur Sajat, transgender kontroversial:

Nur Sajat pertama kali menjadi atensi atas kasus umrah pakai baju Wanita

TikToker Galih Loss Ditangkap Polisi Buntut Pelecehan Agama Islam

Selebgram Nur Sajat merupakan orang pertama yang menjadi atensi kasus umrah yang memakai baju wanita pada februari 2020. Kontroversi itu terjadi setelah dirinya membagikan momen umrahnya di media sosial baru-baru ini. Postingannya memperlihatkan Nur Sajat memakai mukena saat umrah di Mekkah.

Nur Sajat mendaftar umrah sebagai pria

Satu dari Lima Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok Dibebaskan

Nur Sajat, yang memiliki nama asli Muhammad Sajad Kamaruzzaman berdasarkan dokumen Albayt Travel, mendaftarkan diri saat ibadah umrah sebagai seorang pria. Namun Ketika sampai di Tanah Suci, ia mengaku bahwa dirinya sebagai seorang khunsa atau hermafrodit (berkelamin dua jenis) kepada Mutawiff.

Unggahan memakai mukena jadi kontroversi

Usai mengunggah foto memakai mukena di depan Ka’bah, Nur Sajat semakin menuai kontroversi. Nur Sajat dilaporkan pihak berwenang karena melanggar UUS Syariat. Malaysia akan mengadili Nur Sajat karena dituduh telah melanggar UU Syariat lantaran mengenakan pakaian perempuan di depan Ka'bah.

Terlibat kasus kosmetik

Tidak hanya terlibat dalam kasus pelanggaran UU Syariat. Dia juga tersandung kasus brand kosmetik yang bermasalah soal izin. Pihak Kementerian Kesehatan menyita sedikitnya 19 jenis produk kecantikan senilai Rp 34,6 juta. Dia didakwa melanggar undang-undang terkait regulasi obat dan kosmetik, dan terancam hukuman tiga tahun bui.

Kasus labrak sales

Rupanya kasus Nur Sajat tidak hanya terkait itu saja. Pada tahun 2019, Nur Sajat juga pernah ditangkap karena pernah melabrak sales produk kecantikan di sebuah mal. Ia disebut menampar seorang Sales Promotion Girl atau SPG berkali-kali karena asistennya telah direndahkan.

Kabur ke Thailand

Karena beberapa kasus yang menimpanya dan diadili atas kasus pelanggaran UU Syariat, Nur Sajat kabur ke Thailand. Diketahui bahwa transgender asal Malaysia itu sudah lama tinggal di Bangkok sejak Maret 2021. 

Nur Sajat Ditangkap

Akhirnya Nur Sajat berhasil ditangkap oleh Departemen Imigrasi Thailand di sebuah kondominium mewah Bangkok pada 8 September 2021, akibat melakukan pelanggaran imigrasi. Saat ini, otoritas Malaysia meminta Thailand untuk segera memproses Nur Sajat untuk diserahkan kepada negara asal yaitu Malaysia meski prosesnya tak mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya