Viral! Jual Frozen Food Tanpa Izin BPOM Terancam Denda Rp4 Miliar?

Kuliner Indonesia berbentuk frozen food atau makanan beku.
Kuliner Indonesia berbentuk frozen food atau makanan beku.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Viral, jual frozen food tanpa izin BPOM terancam denda Rp4 miliar. Sebuah pengakuan penjual frozen food yang dikenai denda karena tidak memiliki izin BPOM sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Cerita tersebut diunggah oleh akun twitter @achietmokoginta pada 14 Oktober 2021.

“Di share sama temen gw karena gw jualan, buat temen2 UMKM yang jualan frozen food ada yang ngalamin gini juga? Gw lagi nanya ini cerita awalnya gimana ..., Tapi kalo sampe di polisiin hanya karena ga ada BPOM / PIRT ya piye,” tulis akun tersebut di twitter.

Kronologi Seorang Penjual Makanan Beku Dikenai Denda

Akun tersebut lebih lanjut menceritakan kronologi awal mulanya hingga terancam denda dengan nominal fantastis, melalui unggahan potongan gambar yang berasal dari Instagram story.

Awalnya, rekannya tersebut mendapat undangan klarifikasi dari polisi untuk produk frozen food yang dijual di Grabfood. Padahal frozen food yang ia jual bukan dijual ke supermarket. Karena masa PPKM dan memang restonya biasa jual versi bekunya untuk customer masak sendiri di rumah.

Lalu hal tersebut ternyata dipermasalahkan. Jual makanan beku harus tetap ada izin edar, PIRT atau BPOM, walaupun resto tersebut sudah berbadan PT dan barang resto sendiri. Intinya semua yang disimpan masa simpan lebih dari 1 minggu harus diurus perizinannya.