Viral Guru Honorer Gaji Rp350Ribu, Selesai Ngajar Ngerias Orang

Ilustrasi guru.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA – Menjadi seorang guru mungkin impian bagi sebagian besar orang. Dengan tugas mulia yang diembannya, membuat profesi guru begitu didambakan oleh tidak sedikit orang. Tidak jauh berbeda dengan peran orangtua, profesi seorang guru pun dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dalam melahirkan generasi-generasi bangsa yang berbudi luhur.

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Dengan tujuannya mencerdaskan generasi bangsa, menjadikan profesi guru dianggap sosok pahlawan nomer dua selain orangtua, yang sampai kapan pun jasanya akan selalu dikenang dan diingat. Tapi sayangnya, pada kenyatannya tidak demikian. Jasa-jasa mereka dalam mencerdaskan dan melahirkan generasi-generasi bangsa yang berbudi luhur tidak sesuai dengan hasil dari kerja dan usaha mereka. 

Nyatanya, masih banyak para guru khususnya honorer yang kurang mendapatkan keadilan serta kemakmuran selama bertahun-tahun kerja. Tentu saja melihat kondisi tersebut, hal ini sangat miris mengingat jasa-jasa mereka yang begitu besar pada bangsa ini. 

Berkarya dengan Cinta, Terry Persembahan Lagu Istimewa dalam Hawa Surga

Alhasil banyak guru honorer memutar otaknya dengan mencari pekerjaan tambahan untuk mencukupi biaya hidupnya sehari-hari. Meskipun lelah sudah bekerja seharian di sekolah, mereka para guru honorer masih menguatkan tenaganya untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih demi keluarganya. 

Seperti salah seorang guru honorer berikut ini. Diunggah video dari akun Instagram milik @mimi.peri.mandja pada 25 Oktober 2021, beredar video seorang guru honorer yang memilih mencari pekerjaan tambahan demi mencukupi biaya hidupnya.

Kemenag Cairkan Rp66 M Insentif Guru PAI Non ASN, Per Orang Dapat Rp1,5 Juta

Sosok guru satu ini memutuskan menjadi seorang Make Up Artist (MUA) sebagai pekerjaan sampingannya setelah selesai bekerja di sekolah sebagai guru honorer.

Dengan gaji yang didapat setiap bulannya sebesar Rp350 ribu, wanita ini rela berjuang menghabiskan waktunya di luar rumah sebagai seorang Make Up Artist.

Pada video yang diunggah tersebut, nampak saat dirinya tengah berangkat bekerja sebagai guru honorer di pagi hari. Tidak hanya membawa perlengkapan untuk mengajar di sekolah, wanita tersebut juga membawa peralatan serta alat tempur yang dibutuhkan untuk profesinya sebagai Make Up Artist.

Tak tanggung-tanggung, peralatan makeupnya langsung dibawanya ke sekolah bersama dengan perlengkapan mengajarnya. 

Wanita tersebut mengajar dari pagi hingga siang hari. Seselesainya mengajar, guru honorer itupun melanjutkan pekerjaan sebagai seorang MUA. 

Tak pulang dulu ke rumah untuk ganti baju, wanita tersebut langsung menuju ke lokasi rumah klien menggunakan seragam mengajar. Bagi dirinya, pekerjaan sampingan sangat perlu dibutuhkan untuk mencukup kebutuhannya sehari-hari.

Sontak saja video tersebut menuai decak kagum warganet. Tidak sedikit merasa salut kepada sosok seorang guru honorer.
"saya gaji 150 ribu perbulan honorer paud pulang ngajar ngasih bimbel untuk tambahan????????tetap semangat semoga berkah selalu," tulis nurmuhar15.

"Bingung . Jasa yg besar ga dihargai sama skli. Sedangkan. Ah sudahlah," tambah theresia_901.

"calon ku juga Honor di kantor dins malah honor di kantor lebih kasain dari pada Guru karena setiap pemilihan pimpinan baru pasti ada yg di pecat dn jarang ada kesempatan buat Honor yang lama bertahan.untuk bisa bertahan jadi Honor kantoran harus banyak sabar dn harus cepat untuk ikut perpajang kontar biak gk di pecat nanti nya... itu yang saya dengar dari calon saya sendiri. ????," tulis zalika_makeup.

"aku sambil ngelesin anak2...alhamdulillah cukup gak cukup di syukuri..." saut emi_azzam.

"Kita satu server bun.... Aku pernah skolah sama bawa anakku yg masih 1 thn karna gk ada yg dititipin n pake jasa embak jg pake duit kn n wktu itu blm mampu, mikirrrr.... Akhirnya sambil usaha buka konter pulsa paket data alhmdulullah bisa sewa embak n anak di rmh ngajar pun jd tenang, kalo weekend alhamdulillah jg ngeguide WNA jd smuanya disyukuri aja yg penting ikhlas happy pasti rejeki deres bgt tuh ?? ," tulis els.ndn.

"Kayak aku dulu. Cuma gaji ku dulu 300. Sebelum kerja pagi nya aku makeupin orang duli. Kalo pulang nya bikin orderan kue ????. Nikmati dan syukuri ??" " tambah indahdiapratiwi.

“Sama Adekku masih honorer ... Di sambi Usaha jualan sepeda buat tambahan ,klo ngandelin gaji honorer g bisa di buat sampe seminggu alhamdulillah berkembang yg penting berkah .... Smg pengabdiannya tdk sia2 besok bisa di angkat jadi ASN ... Aamiin,” tulis .shafa_celloshafa_cello

"Kita samaan ????," tulis diannn27_

"Keren Bu, semangat terus semoga Allah limpahkan rezeki dan kesehatan buat ibu... Semoga berkah mengajar dan sukses menjadi mua ." tulis nuna_wiel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya