Viral IPK 2 Koma, Hijaber Lulus Beasiswa LPDP di Inggris

Wirdatul Khasanah
Sumber :
  • TikTok/wirdatulkhasanah

VIVA – Seorang hijaber lulus beasiswa LPDP di Inggris meski memiliki IPK 2 koma sekian. Diketahui bahwa salah satu cara agar bisa melanjutkan studi ke luar negeri adalah dengan cara mengikuti program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan syarat harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 pada skala 4 atau yang setara. Namun, bagaimanakah sosok hijaber ini bisa lolos beasiswa LPDP? Berikut kisahnya.

Heboh Tawaran Bayar Kuliah Pakai Pinjol, Sri Mulyani Kaji Pembentukan Student Loan

Hijaber Lulus Beasiswa LPDP Viral di TikTok

Menko Airlangga Ungkap Opsi Pengalihan Beasiswa LPDP Bisa untuk Pelatihan Prakerja

Media sosial TikTok sedang dihebohkan dengan sosok hijaber asal Jember yang berhasil lolos beasiswa LPDP. Hijaber tersebut seorang mahasiswi yang bernama Wirdatul Khasanah lulusan Universitas Jember (UNEJ). Video unggahannya viral di akun TikTok @wirdatulkhasanah, mahasiswi ini memperlihatkan tekadnya untuk melanjutkan kuliahnya di luar negeri melalui beasiswa.

Pemerintah Kaji Setop Dana LPDP

Karena kisahnya yang menginspirasi, ia pun banyak membuat pertanyaan atau konten tentang beasiswa tersebut di akun TikTok. Videonya pun telah ditonton lebih dari 200 ribu, yang memperlihatkan perubahan IPK dari 2,8 menjadi 3.91.

Kisah Wirdatul Khasanah Lulus Beasiswa LPDP

Berawal dirinya memasuki jurusan Sastra Inggris dari Fakultas Ilmu Budaya di UNEJ. Mahasiswi ini menceritakan sewaktu kuliah pernah mendapatkan IP dua koma, tapi tidak mengurangi semangat untuk mimpinya kuliah di luar negeri. Sehingga dirinya memperbaiki IP di semester selanjutnya dan berhasil mendapatkan IP 3,91. 

Dalam video yang diunggah di akun TikTok, beberapa kegiatan ia lakukan untuk mempersiapkan ujiannya seperti mengikuti seminar internasional di ISoLEC, English Camp di English Access Microscholarship Program, Camp EPIC RELO US Embassy Jakarta dan sampai menjadi Teacher Training di English Access Microscholarship Program. 

Setelah melewati berbagai tahapan, terlihat dalam video dirinya lulus beasiswa LPDP sampai tahap wawancara yang dimana tahap itu merupakan tahap terakhir beasiswa LPDP. Selain itu juga dia menunjukkan kartu identitas persiapan keberangkatan angkatan 155 beasiswa LPDP. Terakhir dia menunjukkan kartu mahasiswa The University of Nottingham yang dimana dirinya meraih beasiswa LPDP kuliah di luar negeri. Ia juga mengunggah beberapa foto yang berada di sekitaran kampus tersebut, dengan mengenakan pakaian toga. Tampak mahasiswi kerudung ini sangat bahagia.

Wirdatul Khasanah Pernah Tidak Punya Teman

Wirdatul mengaku jika ia pernah tidak dianggap sebagai teman sama geng pintar di kampusnya. Karena tekadnya ingin kuliah diluar negeri lewat beasiswa, akhirnya ia bertekad memperbaiki IPK nya sehingga bisa lulus beasiswa LPDP dan juga melalui berbagai tahapan-tahapan yang harus dilalui.

Video Wirdatul Viral Karena Ikutan Tren

Wirdatul Khasanah mengunggah pengalamannya di akun TikTok pribadinya karena ia ingin menunjukkan perjalanan glow up-nya melalui jalur prestasi. Ia ingin ikutan tren dengan lagu “apa kabar wong sing tau tak sayang” dengan judul Apa Kabar Mantan yang dipopulerkan oleh NDX AKA.

Ia mengaku jika dirinya tidak good looking, ia pun punya ide ingin membuat tren yang berbeda. Dimana ia pernah mendapat IP 2.5, lewat IP inilah ia membuat tren lagu ini.

Banyak Pujian Dari Netizen

Video yang ia bagikan di akun miliknya @wirdatulkhasanah menjadikan sebuah motivasi kepada netizen. Videonya pun banyak di komentari hingga tanya jawab tentang bagaimana bisa lulus beasiswa tersebut.

“Alasan gamau meremehkan org siapapun, krn kita gapernah tau kalo trnyt org itu di atas kita,” komentar netizen.

“Glow Up itu bisa diubah. Tapi klau kepintaran susah diubah. Kpintaran itu dtgnya alamiah sdh ada sejak di dlm kandungan. Jadi sudh permanen melekat,” komentar lainnya.

“Kak km kereennn. MasyaAllah.. Semangat terus ya kak,” komentar lainnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya