Viral Cewek Bule Lancar Bahasa Jawa Jadi Sinden

Viral Cewek Bule Lancar Bahasa Jawa, Satu-satunya Sinden Bule d Indonesia
Sumber :
  • YouTube/londo kampung

VIVA – Video cewek bule fasih berbahasa Jawa viral di media sosial YouTube. Dia juga jago nyinden setelah berkenalan dengan dalang.

Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepala Toko

"Pasti Shock, dengerin cewek bule bahasa Jawa. Pasih dan halus," tulis judul video di channel YouTube @londokampung, Kamis (2/12).

Dalam unggahan video viral itu memperlihatkan cewek bule sedang menjadi narasumber di akun Londokampung. Seperti diketahui host channel ini juga seorang pria bule yang bisa berbahasa Jawa.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

Host pria bule ini kemudian memberikan pengantar dengan bahasa Jawa bahwa yang diajak bicara kali ini adalah cewek bule yang jago bahasa Jawa. .

Cewek Bule Jadi Sinden

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

Viral Cewek Bule Lancar Bahasa Jawa, Satu-satunya Sinden Bule d Indonesia

Photo :
  • YouTube/londo kampung

"Wong iki iso Jawa alus pisan, jenenge Agnes Serfoza," ujar host asal Australia ini dikutip VIVA, Senin (6/12).

"Halo mba Agnes opo kabare, (red- Apa kabarnya)" ujar host.
"Sae sanget, pangestunipun, (red - baik sekali, mohon berkahnya)" jawab Agnes Serfoza dengan bahasa Jawa halus.

Setelah perkenalan sesama bule ini, mereka kemudian bercerita bagaimana awalnya bisa berbahasa Jawa. Apalagi bisa bahasa Jawa halus seperti yang digunakan oleh Agnes Serfoza.

Agnes pun bercerita mengenai dirinya. Ia asal Hongaria dan sekarang menjadi warga Indonesia. Ia di sini sudah 17 tahun. Bersuamikan orang Jawa dan memiliki dua orang anak. Ia tinggal di Solo.

Awalnya ia ke Indonesia karena mendapatkan beasiswa dari kampusnya di Budapes Hongaria untuk mempelajari perwayangan. Ia mengambil perwayangan karena sedang menyelesaikan skripsi antropologi budaya untuk membuat skripsi salah syarat kelulusan kuliahnya.

Lalu pada 2004, ia masuk ke ISI Solo, Jawa Tengah. Di sini, ia mulai mempelajari wayang. Selain itu ia juga mendalam budaya Jawa, termasuk belajar bahasa Jawa halus. Bahkan akhirnya ia juga menjadi sinden setelah berkenalan dengan seorang dalang dan menikah dengan anak dalang.

Lalu host menantang Agnes menyanyikan lagu Jawa yang biasa dibawakan seorang sinden. "Randane nunut, ora nginang, ora ngemut," tutur Agnes Serfoza dengan lemah gemulai layaknya pesinden. Sontak nyanyian Agnes membuat kagum dan ketawa host londokampung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya