Heboh! Studi Sebut Ganja Bisa Jadi Penangkal COVID-19, Ini Faktanya

Daun ganja.
Sumber :
  • MDLinx

VIVA – Sebuah studi yang sekarang viral mengidentifikasi senyawa ganja yang mungkin mencegah infeksi virus yang menyebabkan Covid-19 memicu badai minat populer minggu ini ketika orang-orang melompat pada bukti nyata yang menunjukkan bahwa ganja dapat membantu menumpulkan pandemi, jauh menyimpang dari temuan penelitian dan metode penemuan obat yang biasa. Berikut fakta-fakta studi yang sebut ganja bisa jadi penangkal Covid-19 dikutip dari forbes.com.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Fakta-Fakta

  • Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products Senin, 13 Januari 2020, para peneliti dari Oregon State University mengidentifikasi dua senyawa yang biasa ditemukan dalam rami asam cannabigerolic (CBGA) dan asam cannabidiolic (CBDA) yang dapat mengikat virus corona dan mungkin memblokir tahap penting dalam cara menginfeksi orang.
  • Kedua senyawa itu tampaknya menghalangi kemampuan virus untuk menginfeksi sel manusia dalam tes laboratorium, para peneliti menemukan, setelah menguji varian alfa dan beta dari virus corona.
  • Makalah ini menarik minat para penggemar, termasuk pengguna media sosial online dan komedian arus utama yang menganggap temuan itu sebagai bukti kecakapan memerangi pandemi gulma, sesuatu, terutama, yang tidak diklaim oleh penulis penelitian.
  • Dr. Mikael Sodergren, yang mengepalai kelompok penelitian ganja medis Imperial College London, mengatakan, bahwa “bukan tidak konvensional” untuk mengidentifikasi kandidat obat dengan cara ini dan mengatakan bahwa hasilnya menarik, tetapi memperingatkan bahwa temuan tersebut perlu dikonfirmasi pada model hewan dan diuji. pada manusia dalam uji klinis.
  • Data ini tidak membuktikan senyawa ganja dapat mencegah atau menyembuhkan infeksi Covid pada manusia, kata Sodergren, dan memberikan “tidak ada bukti yang mendukung merokok atau konsumsi produk ganja untuk melakukan hal yang sama.”
Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Apa Yang Perlu Diperhatikan?

Pembelajaran lebih lanjut. Sodergren mengatakan, bahwa temuan tersebut memerlukan "interogasi ilmiah lebih lanjut," tetapi mencatat "sebagian besar temuan in vitro (cawan petri) positif dalam penemuan obat tidak diterjemahkan menjadi manfaat yang terlihat pada manusia setelah melakukan uji klinis."

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Latar Belakang

Menemukan kandidat untuk kemungkinan obat dan perawatan bisa menjadi proses yang mahal, memakan waktu dan berat. Untuk mempercepat, para peneliti sering menguji sejumlah besar senyawa yang diketahui untuk melihat apakah mereka menghasilkan respons biologis atau kimia sesuai dengan apa yang mungkin diharapkan dalam obat yang mengobati kondisi yang mereka coba temukan pengobatannya. Tanggapan positif pada tahap ini seperti senyawa ganja hanyalah filter pertama atau banyak yang harus dilewati senyawa itu dan, dengan asumsi semuanya berjalan dengan baik, obat yang disetujui masih bisa lebih dari satu dekade lagi.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024