Terciduk Aksi Petugas Maskapai Gelindingkan Barang dari Pesawat

Maskapai penerbangan Lion Air
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Dalam maskapai penerbangan, mungkin kita tak asing lagi mendengar istilah cargo service yang diberikan oleh petugas. Untuk pelayanan cargo pesawat sendiri itu memiliki beberapa petugas yang ditugaskan untuk mengambil barang kargo di pesawat.

Dinilai Makin Tunjukkan Aura Positif, Nikita Mirzani Ngaku Jauhi Orang-orang Toxic

Pelayanan kargo pesawat sendiri merupakan sebuah kegiatan pelayanan pada barang yang keluar dan masuk melalui bandar udara. Disini petugas kargo pesawat memindahan muatan atau barang dari pesawat ke tempat penyimpanan atau yang biasa disebut gudang kargo, serta melakukan penyimpanan barang.

Pada dasarnya, setiap tugas yang dilakukan oleh pihak maskapai penerbangan tentunya memiliki SOP alias Standard Operating Procedure sendiri. Di mana dengan adanya SOP ini bisa menjadi panduan para petugas melakukan pekerjaan sesuai prosedurnya.

Diwawancarai Media Malaysia, Atta Halilintar Dipuji Warganet Lantaran Bisa Berbahasa Melayu

Nah, setiap maskapai penerbangan tentu memiliki SOPnya masing-masing. Dan semuanya tidak bisa disamaratakan. Seperti petugas maskapai penerbangan berikut ini yang memiliki cara tersendiri dan berbeda dalam menurunkan barang/muatan dari pesawat.

Baru-baru ini beredar di media sosial sebuah unggahan video yang menarik perhatian warganet. Di mana, terekam aksi seorang petugas maskapai penerbangan yang sedang menurunkan muatan atau barang dari pesawat dengan cara digelinding.

Gunung Ruang Sulawesi Erupsi, Maskapai AirAsia Batalkan 21 Penerbangan Rute Malaysia

Entah karena terdapat penumpukan barang di pesawat hingga rasanya tidak mungkin untuk diturunkan satu per satu melalui tangga pesawat, atau memang Standard Operating Procedurenya seperti itu. Di mana semua paket barang dilempar dan digelindingkan dari atas pesawat hingga turun ke anak tangga.

Tapi apapun itu alasan dan tujuannya, rupanya video tersebut nyatanya sudah membuat banyak warganet geram dan mencibir aksi petugas maskapai penerbangan tersebut. Melansir unggahan video yang dibagikan oleh akun Instagram milik @fakta.indo pada 29/01/2022 kemarin, memperlihatkan aksi seorang petugas maskapai penerbangan dengan santainya menggelindingkan barang-barang dari atas pesawat.

Sontak saja aksi petugas maskapai itu pun jadi pusat perbicaraan oleh banyak warganet.  Dengan adanya unggahan video tersebut yang ramai di media sosial, pada akhirnya menimbulkan sebuah penilaian dan pandangan yang berbeda-beda dari sejumlah warganet. 

Ada yang menyalahkan dan ada juga sebagian yang menyebutnya jika aksi petugas tersebut sangatlah wajar dilakukan di sebuah maskapai penerbangan.

"L parcel nya kak???????????? barang jaminnan cepat sampai," tutur yusufhendratnoo

"Pantesan aja barang bisa pd ancur????????," tutur faruna_deborah_.


"Kalau ada yg mudah, ngapain pilih yg susah????... Itu kan juga pakai ilmu, hukum gravitasi mgkin ya?????.. husnudhon aja, mgkin itu khusus barang yang TDK FRAGILE... jadi tetep aman aja????," tambah takin_chaerul_ig.

"@patrick_manuel thanks jawabannya ???? iya kemaren saya research juga gitu.. bangku pesawatnya ada yang dicopot," ujar kartika.budiarti.

"@heycems @kartika.budiarti sejak pandemi merebak banyak maskapai yg mengembangkan bisnis kargo, dan saya pernah liat di vlog pilot youtuber salah satu maskapai di indonesia, barang2nya itu memang diletakan di kabin penumpang,bukan hanya di lambung pesawat saja,patrick_manuel

"Kalau sdh begini, apa respon pihak ," 
38mReply

"Alasan knp Barang smpai di Store ada yang pecah, ada yg ndk mau nyala lampunya ???????? @subhan_maasy
39m1 likeReply

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya