Doa Sebelum Bekerja Beserta Keutamaan Bekerja dalam Islam

Doa sebelum bekerja
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Doa sebelum bekerja sebaiknya dapat dibaca sebelum kamu melakukan aktivitas kerja. Hal itu dilakukan guna dapat melancarkan pekerjaan yang akan kamu lakukan. Bekerja sendiri merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang baik itu bekerja dalam karir maupun bekerja dalam hal mengurus rumah dan lain sebagainya. Dengan doa sebelum bekerja, apa yang sedang kamu kerjakan bisa mendapatkan kelancaran, keberkahan dan hasilnya maksimal sesuai dengan kebutuhan hidup masing-masing. 

Anggota DPR Soroti Tragedi Warga Bubarkan Mahasiswa Katolik saat Ibadah Doa Rosario di Tangsel

Berdoa kepada Allah SWT memang penting dilakukan dalam hal apapun dan sebelum kita melakukan apapun. Doa juga menjadi yang pertama kali harus dilakukan untuk memulai suatu pekerjaan. Dengan doa sebelum bekerja senantiasa kita akan mendapatkan rezeki yang berkah dan jiwa menjadi tenang dalam menjalankannya. Maka dari itu jangan sampai lupa untuk berdoa sebelum bekerja kepada Allah SWT karena ialah yang memberikan segala pertolongan dan kekuatan kepada hamba-Nya. 

Setelah akan dipaparkan beberapa doa sebelum bekerja yang dapat dibaca dan dihafalkan untuk digunakan sehari-harinya saat hendak bekerja. Doa sebelum bekerja ini bisa dibaca sebagai tahap untuk belajar bagi yang baru mau menghafalnya. Bisa juga menjadi pengingat bagi kamu yang tadinya sudah halal tapi ternyata lupa kembali. Berikut ini bacaan doa sebelum bekerja lengkap dengan tulisan arab latin beserta artinya. 

PKB Bantu Doain PPP Lolos di MK, Cak Imin Apapun yang Diminta Kita Sediakan

Doa Sebelum Bekerja

Ilustrasi bekerja.

Photo :
  • Pixabay
PKL Kecewa Pj Gubernur Mau Stop Gelaran MXGP di NTB

1. Doa Pertama

“ALLOHUMMA INNII AS ALUKA MIN KHAIRI HADZAL AMALI WAKHOIRI MAA FIIHI, WA'AUDZUBIKA MIN SYARRI HAADZAL AMALI WASYARRI MAA FIIHI INNAKA 'ALAAKULLI SYAIIN QODIIIR.”

Artinya: “Ya Allah. Aku memohon padaMu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung pada Mu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya.”

2. Doa Kedua

“ALLAAHUMMAFTAH 'ALAINAA ABWAABAL KHAIRI WA ABWAABAL BARAKATI WA ABWAABAN NI'MATI WA ABWAABAL QUWWATI WA ABWAABASHSHIHHATI WA ABWAABAS SALAAMATI WA ABWAABAL JANNATI. RABBANAA AATINAA MIN LADUNKA RAHMATAN WA HAYYI' LANAA MIN AMRINAA RASYADAA. bISMILLAAHI TAWAKKALTU 'ALALLAAHI LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH.”

Artinya: ”Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”

3. Doa Ketiga

“ALLOOHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA'ALTAHU SAHLAA, WA ANTA TAJ'ALUL HAZNA IDZAA SYI'TA SAHLAA.”

Artinya: ”Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

“ALLOHUMMA ASLIH DIINANAA ALLADZII HUA ISMATU AMRINAA, WAASLIH LANAA DUNYANAA ALLATII FIIHA MA'ASYUNAA, WAASLIH LANAA AKHIRATANAA ALLATII ILAIHAA MA'AADUNAA.”

Artinya: “Ya Allah pulihkanlah pegangan agama kami, kerana agamalah yang menjadi kuasa pengawal segala urusan hidup kami. Perbaikilah segala urusan persoalan keduniaan kami, kerana di dalamnya kami menjalani kehidupan kami. Perbaikilah urusan akhirat kami, kerana disanalah destinasi tempat kembali kami.”

Doa Berangkat Kerja

Ilustrasi menyetir mobil.

Photo :
  • Twitter @firdyfire

“ALLAHUMMARZUQNII RIZQAN HALAALAN THAYYIBAA, WASTA’MILNII THAYYIBAA. ALLAHUMMAJ’AL AUSA’A RIZQIKA ‘ALAYYA ‘INDA KIBARI SINNII WANQITHAA’I ‘UMRII. ALLAHUMMAKFINII BIHALAALIKA ‘AN HARAAMIKA WA AGHNINII BIFADHLIKA ‘AMMAN SIWAAKA. ALLAHUMMA IN NII AS-ALUKA RIZQAN WAASI’AN NAAFI’AN. ALLAHMUMMA INNII AS-ALUKAM NA’IIMAAN MUQIIMAN, ALLADZII LAA YAHUULU WA LAA YAZUULU.”

Artinya: "Ya Allah, berilah padaku rezeki yang halal dan baik serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezeki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

Doa Selesai Bekerja

Ilustrasi wanita bekerja di kantor.

Photo :
  • Pixabay

“ALLAHUMMA INNII A’UUDZUBIKA AN ADHILLA. AU UDHALLA. AU AZILLA. AU ADZLAMA. AU AJHALA, AU YUJHALA ‘ALAYYA.”

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepadaMu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat zalim atau dizalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi." 

Keutamaan Bekerja dalam Islam

Ilustrasi bahagia dalam bekerja.

Photo :
  • U-Report

Bekerja memang menjadi suatu kewajiban untuk mencukupi kehidupan. Namun selain itu, bekerja memiliki manfaat lain dalam Islam yang dimana kita diberikan penghargaan mulia apabila kita melakukan pekerjaan dengan hati yang ikhlas. Berikut ini ada beberapa keutamaan bekerja dalam agama Islam:

1. Allah SWT akan mengampuni dosanya 

Berdasarkan HR. Imam Tabrani, dalam Al-Mu’jam Al-Ausath VII/ 289, Ibnu Abbas ra berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barang siapa yang merasakan kelelahan pada sore hari, karena pekerjaan yang dilakukan oleh kedua tangannya, maka ia dapatkan dosanya diampuni oleh Allah SWT pada sore hari tersebut."

2. Allah SWT akan menghapus dosa-dosa tertentu 

Berdasarkan HR. Thabrani, dalam Al-Mu’jam Al-Ausath I/38, Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di antara dosa-dosa itu terdapat suatu dosa yang tidak dapat diampuni dengan salat, puasa, haji dan juga umrah." Sahabat bertanya, "Apa yang bisa menghapuskannya wahai Rasulullah?." Beliau menjawab, "Semangat dalam mencari rezeki." 

3. Allah SWT akan mencintainya 

Allah SWT senantiasa akan mencintai umatnya yang melakukan pekerjaan dengan giat  sehingga kita yang bekerja keras dengan giat akan merasa dicintai oleh Allah SWT. 

Berdasarkan HR. Imam Tabrani, dalam Al-Mu’jam Al-Aushth VII/380, Ibnu Umar bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT mencintai seorang mukmin yang bekerja dengan giat."

4. Dapat meraih sisi Allah dengan ketaatan

Berdasarkan hadis riwayat Abu Zar dan Al-Hakim, "Sesungguhnya Ruhul Qudus membisikkan bahwa jiwa tidak akan wafat sebelum lengkap dan sempurna rezekinya. Karena itulah kamu harus bertakwa kepada Allah dan memperbaiki mata pencaharianmu. Jika datangnya rezeki itu terlambat, maka jangan memburunya dengan bermaksiat karena apa yang ada di sisi Allah hanya bisa diraih dengan taat pada-Nya."

Itulah doa sebelum bekerja yang dilengkapi juga dengan doa berangkat kerja, doa selesai bekerja dan keutamaan bekerja dalam Islam. Semoga kalian semua yang membaca doa-doa yang telah disebutkan di atas senantiasa dapat dilancarkan segala apa yang dikerjakan, diberi kemudahan, diberi keberkahan dan diberikan rezeki yang melimpah dari apa yang telah diusahakan dan diperjuangkan dalam bekerja. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. 

Tulisan ini bisa menjadi pengingat bagi kamu yang mungkin masih sering lupa dalam membaca doa sebelum bekerja untuk memulai pekerjaan. Semoga doa-doa yang telah dibacakan dan dipanjatkan kepada Allah SWT dengan niat yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. 

Teuku Ryan

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Netizen terlihat mengomentari sikap Teuku Ryan dan adiknya yang dinilai tak pantas. Komentar di video tersebut juga ternyata sampai ke Ria Ricis

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024