Viral Foto yang Diduga Kumpulan Peserta KKN di Desa Penari

Film KKN Di Desa Penari
Sumber :
  • IG @pichousefilms

VIVA – Kisah mistis yang terjadi di sebuah desa saat para mahasiswa melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sempat menjadi topik hangat di berbagai media sosial pada tahun 2019 silam. 

Nikita Mirzani Main Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, Curhat Perjuangan saat Syuting

Peristiwa ini diawali oleh sebuah akun anonim di Twitter dengan nama pengguna @SimpleM81378523 yang mempublikasikan cerita horor berdasarkan kisah nyata dari orang terdekatnya. Sang penulis menyamarkan nama tokoh dan tempat demi menjaga privasi. 

Karena popularitasnya, cerita dalam bentuk utas tersebut diangkat ke layar lebar yang dirilis pada 30 April 2022 dengan judul KKN di Desa Penari. Sampai berita ini ditulis, film KKN di Desa Penari masih bertengger di sederet bioskop Indonesia.

Ketua PD Parfi Bali Lenny Hartono Ingin Industri Film Semakin Maju

Seolah-olah mengiringi perilisan filmnya, tersebar pula dugaan foto asli peserta KKN di Desa Penari. Kumpulan foto itu diedit dalam bentuk video dan diunggah di TikTok. Kemudian video ini diunggah ulang di Instagram oleh akun @viral62com pada 8 Mei 2022.

Pada unggahan tersebut tertera sebuah foto yang diduga kumpulan mahasiswa yang melaksanakan KKN 13 tahun yang lalu atau lebih tepatnya pada tahun 2009. Dalam foto pertama terdapat 5 mahasiswa mengenakan jaket almamater berwarna merah. Lalu foto selanjutnya, ada 14 mahasiswa berpose di depan pohon. Foto berganti menjadi kumpulan mahasiswa yang menggunakan jaket almamater berwarna biru gelap.

Gak Ambil Adegan Ciuman Meski Dibayar Miliaran, Marthino Lio Pentingkan Perasaan Istri

Postingan ini mengundang berbagai reaksi dari warganet. Beberapa tidak percaya bahwa foto-foto tersebut merupakan foto asli peserta KKN di Desa Penari.

“Pas awal almamater merah, lah pas terakhir kok ganti biru??? Masa iya ganti univ?” komentar salah satu warganet.

“??Belum pasti itu juga yang buat cuma prediksi, udah kontrak identitas aslinya ga bakal disebar kecuali netizen bener2 niat nyari lewat orang yang ahli,” sahut warganet lainnya.

“Lucu aja kalo ada yang percaya lihat jas almamaternya,” tulis seorang warganet.

“Editan, posisi foto datar sementara plakatnya fotonya antara atas dan bawah tidak sama, lagipula nama2nya terkesan dipaksakan padahal udah dibilang itu nama samaran,” tutur warganet.

Sementara sebagian warganet juga ada yang berusaha menerka-nerka peserta KKN berasal dari kampus apa.

Di sisi lain, sejauh ini sang penulis belum angkat bicara tentang kebenaran foto-foto peserta yang tersebar luas di internet. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya