Viral Ikan Berenang Tanpa Kepala di Kolam Air, Bagaimana Bisa?

Ilustrasi Ikan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Beredar sebuah video yang merekam sebuah penampakan aksi seekor ikan yang berenang tanpa menggunakan kepala viral di media sosial, khususnya TikTok. Meski terlihat tidak mungkin, tapi pada kenyataannya beredar sebuah rekaman video seekor ikan yang masih mampu berenang tanpa menggunakan kepalanya.  

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Di mana pada unggahan video yang dibagikan oleh akun TikTok bernama @bear.cl pada 11/17/2021 tersebut, menunjukkan aksi seekor ikan tanpa kepala yang tengah bergerak-gerak di dalam air. 

ikan tanpa kepala

Photo :
Heboh! Gerhana Matahari Total 2024 Dikaitkan dengan Kisah Nabi Yunus AS

Terlihat seperti tidak ada masalah pada tubuhnya, ikan tersebut masih lanjut mengepakan badanya di kolam air itu. Ikan tanpa kepala itu terlihat begitu asyik mengibaskan ekornya di air. 

Sesekali nampak perekam video tersebut menyentuh bagian kepala ikan itu ketika berhenti sejenak di tengah-tengan kolam air.  Video yang beredar di dunia maya itu pun sontak mendapatkan banyak reaksi dari para warganet.Di mana unggahan video tersebut sudah berhasil mencapai 433,2k like dan 11.2k komentar.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Ikan tanpa kepala

Photo :

Dengan beredarnya video tersebut di dunia maya membuat banyak warganet dibuat penasaran, hingga beragam komentar pun muncul pada unggahan tersebut.

"ikan tanpa kepala tuh kek aku tanpa kamu masih bisa jalan ???? " augatha ujarnya.

"Ayah saya baru mau masak ikan jam 15 dengan batu," tambah warganet lainnya.

"@keyssxox @ilyvlyy @callmeurubbabababa @raxcchelkalo kirim di grup keluar ga pasti dibilang tanda tanda kiamat," saur pemili akun lainnya.

"tp kn gw miara ni yk di aquarium digabung sm arwana trs sapu2 ny mati gtu," tambah warganet lainnya.

"tanda tanda akhir tahun????????," tulis  Diaz D AckermanTzy Zoldyck Jr.

“Terus makannya gimana” tulis warganet lainnya.

“Itu ikan apa?” komentar akun lainnya. 

“Anak ipa jelaskan knp bisa terjadi” tulis sebuah akun. 

Begini Penjelasannya

Beredarnya video ikan tanpa menggunakan kepala tersebut, sontak membuat banyak warganet bertanya-tanya, bagaimana bisa? Seorang Ahli Peneliti Utama Bidang Ikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Haryono, pun mengatakan jika secara ilmiah baik ikan maupun hewan apapun, gerakan dan perilakunya akan dipengaruhi atau terkontrol oleh sistem saraf pusat atau otak.

Di mana hal ini hanya terdapat di bagian kepala saja. Secara ilmiah juga, baik ikan maupun hewan apapun tidak akan bisa hidup tanpa adanya kepala. Namun pada video yang beredar tersebut, Ahli Peneliti Utama Bidang Ikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Haryono mengatakan jika itu hanyalah sisa-sisa gerakan yang tidak akan bisa berlangsung lama. 

Di mana gerakan itu hanyalah sebuah sisa atau proses maupun reaksi yang terkontrol ke saraf pusat jadi tidak akan bisa berlangsung lama. Baginya, hal ini juga sama dialami oleh beberapa hewan lainnya ketika disembelih. Mereka masih bisa melakukan berbagai gerakan, hanya saja itu tidak berlangsung lama dan tidak teratur.

“Ikan tidak bisa hidup tanpa kepala. Artinya gerakan tersebut hanya sisa proses motorik dan tidak akan lama,” kata Haryono.Haryono.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya