Viral Daftar Muka Peserta UTBK 2022 yang Tidak Jujur

Ilustrasi anak ujian.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Viral di media sosial tentang kecurangan peserta UTBK 2022. UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi negeri yang diselenggarai oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Zulhas: Pengusaha Curang Membunuh Usahanya Sendiri

Tersebar di Twitter peserta-peserta yang melakukan kecurangan. Salah satu akun Twitter @sbmptnfess yang memposting wajah para peserta UTBK yang tidak jujur.

Ptn! Halo pejuang utbk jalur tol,” tulis akun tersebut.

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition

Dari berbagai Tweet yang beredar tentang peserta-peserta ini, mereka melakukan kecurangan saat UTBK berlangsung. Para peserta ini mendokumentasikan soal-soal UTBK dan mengumpulkannya di Google Drive. 

MK Pertimbangkan Suara Prabowo yang Terbesar dalam Sejarah Pilpres Dunia, Menurut Pengamat

Kumpulan foto soal-soal UTBK yang sudah masuk ke dalam Google Drive akan dibagikan di sebuah grup di Telegram. Aksi mereka ini terbongkar dan salah satu peserta UTBK berlokasi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta atau UPNYK

Hal ini sudah di konfirmasi oleh pihak UPNYK terkait para peserta yang tidak jujur.

Kasus tidak terpuji yang dilakukan oleh para peserta ini ramai di perbincangkan di media sosial. Bahkan sempat trending topic di Twitter. Jelas ini merupakan aksi yang merugikan untuk para pejuan PTN lainnya. 

Belum ada kepastian bagaimana para peserta ini membawa perangkat untuk bisa mendokumentasikan soal-soal dan belum ada bagaimana mereka dengan mudah menjalankan aksi mereka, mengetahui ketatnya pengawasan selama UTBK berlangsung. 

Banyak spekulasi yang beredar tentang aksi peserta yang curang ini masih berhubungan dengan salah satu bimbingan belajar atau bimbel. Tetapi, hal itu belum bisa dikatakan fakta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya