5 Alasan Kenapa Mayoritas Raja Mempunyai Banyak Istri

Ilustrasi Kerajaan Samudera Pasai
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA Trending – Kehidupan kaum bangsawan di dalamnya akan sangat menarik untuk dibahas. Tidak hanya soal takhta dan berwenang, kehidupan asmara para anggota kerajaan juga selalu menarik untuk dihubungi.

Terungkap Alasan Jayabaya Jadi Raja Paling Terkenal di Kerajaan Kediri

Salah satunya adalah kebiasaan Raja yang gemar berpoligami alias memiliki istri lebih dari satu. Di Indonesia, istri raja yang tidak resmi atau bukan istri yang pertama, disebut dengan istilah selir, jumlah selir sendiri pun fantastis. Misalnya, Raja Pakubuwono X, menjadi raja yang memiliki selir terbanyak dalam sejarah Indonesia. Yakni mencapai 40 orang.

Raja Pakubowono X akhrinya memiliki anak hingga 60 orang. Bicara soal raja dan para selir, pasti membuat Anda bertanya-tanya. Kira-kira, apa alasan di balik keputusan raja untuk memiliki banyak istri, Apakah murni untuk melampiaskan hasrat seksual yang dimiliki oleh sang raj, Jawabannya adalah tidak.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Memang betul, bahwa para selir menyimpan untuk melayani keinginan raja secara biologis. Tapi ternyata terdapat beberapa alasan kenapa mayoritas raja mempunyai banyak istri, Viva merangkum dari berbagai sumber mengenai berbagai alasan sebagai berikut:

1. Simbol Kekuatan Dan Kekayaan

Setelah Megawati, Habib Rizieq Shihab Hingga Din Syamsuddin Ajukan jadi Amicus Curiae ke MK

membangun kekayaan

Photo :
  • U-Report

Harta, Takhta, Wanita. Ungkapan inilah yang menjadi pedoman para raja di zaman dulu. Bagi para raja, harta dan takhta yang mereka miliki merupakan senjata untuk menggaet banyak perempuan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semakin banyak perempuan yang mau menjadi selir maka semakin besar juga kekuatan para raja akan takhta dan harta yang mereka. Selain itu, memiliki banyak istri membuat para raja memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memperoleh keturunan laki-laki.

Dalam silsilah kerajaan, keturunan laki-laki merupakan hal yang paling berharga, karena bisa menjadi penerus jika kelak sang raja memutuskan untuk turun takhta atau meninggal dunia.

2. Wilayah Kekuasaan

Kerajaan Saguenay

Photo :
  • Owlcation

Selir juga berfungsi untuk memperluas wilayah kekuasaan kerajaan tertentu.  Dengan menikahi gadis-gadis yang ada di wilayah-wilayah tertentu tersebut, maka wilayah tersebut  juga dapat menjadi wilayah kekuasaan kerajaan.

Karena di masa depan, ketika para selir melahirkan anak laki-laki maka anak tersebut pasti akan ditunjuk untuk memimpin wilayah asal ibunya.

Misalnya ia berasal dari selir di wilayah Mataram Tenggara. Maka secara otomatis, anak-anak tersebut akan memimpin wilayah Mataram Tenggara dengan menjadi pemimpin daerahnya. Jika setiap daerah dipimpin oleh keturunan sang raja.

Secara otomatis roda politik dan perekonomian di wilayah tersebut, berada di bawah kontrol dan pengaruh sang raja.

3. Nilai Keuntungan

Ilustrasi keuntungan modal.

Photo :
  • U-Report

Memberikan anak perempuan kepada raja untuk dijadikan selir, merupakan proses transaksi yang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Pihak kerajaan dan keluarga si perempuan. Pada zaman dahulu, di mana kita berada dalam kelas masyarakat merupakan hal yang sangat penting.

Semakin tinggi kelas masyarakat, maka semakin meningkat juga keberadaan. Namun beruntung lah, kesempatan untuk menjadi kaum bangsawan atau pejabat adalah takdir. Karena itulah, orang-orang dari kelas masyarakat biasa, berusaha memberikan anak perempuannya untuk menjadi selir raja.

Supaya kehidupan mereka juga ikut terangkat. Jika kehidupan mereka terangkat, maka tidak hanya status di masyarakat yang naik kelas, tetapi juga perekonomian nya. Belum lagi jika anak mereka bisa melahirkan bayi laki-laki. Bisa dipastikan bahwa kedudukan mereka di masyarakat akan membanggakan.

4. Faktor Ekonomi

Ilustrasi: Pemulihan Ekonomi. Foto: Shutterstock

Photo :
  • vstory

Begitu juga dengan faktor ekonomi nya yang akan terus membaik. Meski begitu, untuk menjadi selir raja mudah. Ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi. Termasuk apakah raja tertarik pada perempuan tersebut atau tidak.

Itulah mengapa, para perempuan zaman dulu tidak pernah sulit untuk bisa baca-tulis hingga menjahit. Melansir dari buku berjudul ‘Perempuan-Perempuan Perkasa di Jawa Abad XVII-VIX’ yang ditulis oleh J.W. Winter, mengungkap kalau anak perempuan hanya melihat untuk melatih kecantikan diri mereka.

5. Daya Tarik

Ratu Elizabeth II

Photo :

Mulai dari sopan, bertingkah laku pantas, berdandan atau mempercantik diri, belajar bagaimana menghadapi malu-malu, termasuk menghindari bicara saat bergaul  sampai tampil seksi, di mana ketika berpakaian mereka hampir terlihat bulat.

Hal ini penting untuk dilakukan agar mereka memiliki daya tarik secara seksual, sehingga raja akan lebih menyukai mereka dibandingkan dengan selir lainnya.

Nah, itu 5 fakta alasan mengapa raja mempunyai banyak istri yang dapat diinformasikan ke kamu. Untung lah saat ini raja pun sudah tidak mempunyai banyak istri, misalnya Raja Kesultanan Hamengkubowono X Yogyakarta yang saat ini hanya mempunyai satu istri dan menjadikannya sebagai simbol kesetiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya