Fakta-fakta Lubang Terdalam di Bumi, Kola Superdeep Borehole

Galian bumi terdalam
Sumber :

VIVA Trending – Ada fakta Kola Superdeep Borehole yang perlu Anda ketahui. Ternyata, ini merupakan galian terdalam yang ditemukan di Bumi. The Kola Superdeep Borehole adalah proyek ilmiah yang dimulai pada Mei 1970 dalam upaya untuk mengebor lubang ke dalam kerak bumi sedalam mungkin. 

7 Lubang Terdalam yang Pernah Digali Umat Manusia

AS juga memulai proyek serupa dan negara-negara tampaknya berlomba untuk melihat siapa yang bisa mengebor terjauh ke bumi. Situs bor terletak di Semenanjung Kola di Distrik Pechengsky Rusia.

Beberapa lubang bor dibor di sana dengan kedalaman mencapai 40.230 kaki pada tahun 1989. Lubang bor ini disebut SG-3 dan merupakan yang terdalam di dunia.

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Pengeboran dihentikan pada tahun 1992 karena suhu terlalu tinggi pada tingkat yang dalam sehingga mata bor tidak dapat bekerja dengan baik. Lubang Bor Superdeep Kola diperkirakan telah mencapai sepertiga dari jalan melalui kerak benua Baltik, mencapai batuan berusia lebih dari 2,5 miliar tahun.

Karakteristik Geologi

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Meski gagal mencapai targetnya, Kola Superdeep Borehole berkontribusi pada beberapa temuan penelitian ilmiah. Ini menembus sepertiga ke kerak benua Baltik dan memberikan sejumlah besar data untuk studi geologi yang dianalisis oleh para peneliti.

Salah satu temuan penting adalah mikrofosil yang ditemukan empat mil di bawah permukaan yang mewakili sekitar 24 spesies purba yang berusia sekitar dua miliar tahun. Residu dari lubang tersebut juga menepis anggapan geologis bahwa ada transisi dari granit ke basal pada kedalaman antara 1,8 hingga 3,7 mil di bawah permukaan.

Lubang itu juga mengungkapkan bahwa retakan jauh di bawah permukaan diisi dengan air, namun para ilmuwan percaya bahwa air tidak dapat ditemukan pada kedalaman yang begitu dalam.

Sejarah dan Latar Belakang Proyek Ini

Pada 1960-an dan 70-an, Amerika dan Rusia terlibat dalam perang diam-diam untuk supremasi di luar angkasa. Pada saat yang sama, perang diam lain antara pengebor kedua negara terjadi. Kedua negara mulai mengebor ke dalam kerak bumi dengan tujuan mengebor sedalam mungkin.

Proyek Amerika "Project Mohole," di lepas pantai Meksiko berakhir tiba-tiba karena kekurangan dana. Proyek Rusia yang dimulai pada tahun 1970 pengeboran di Semenanjung Kola berlanjut hingga tahun 1994 dan menghasilkan lubang terdalam di dunia; lubang bor Superdeep Kola.

Proyek ini dimulai pada 24 Mei 1970, dengan tujuan mengebor 9,3 mil ke dalam kerak bumi dan mengalahkan Amerika dengan gelar lubang terdalam. Rusia menggunakan Uralmash-4E, dan kemudian rig pengeboran seri Uralmash-15000.

Setelah mengetahui sejarah dan latar belakang serta karakteristik dari adanya penumuan galian terdalam di bumi, yakni The Kola Superdeep Borehole. Rasanya kurang, jika kita tidak menguak berbagai fakta The Kola Superdeep Borehole. Langsung saja, melansir dari softschools.com, kami bagikan untuk Anda berikut ini:

Fakta Menarik Kola Superdeep Borehole

  1. Pada tahun 1957, AS memulai sebuah proyek di Samudra Pasifik yang mirip dengan Lubang Bor Superdeep Kola, yang disebut 'Proyek Molehole'. Mereka meninggalkannya pada tahun 1966 karena mereka tidak dapat mendanai proyek untuk melanjutkan.
  2. Meskipun Kola Superdeep Borehole mempertahankan rekor dunia untuk kedalaman lubang, ada lubang bor lain dengan lubang bor yang lebih panjang termasuk BD-04A di Qatar, dan Odoptu OP-11 di Pulau Sakhalin di Rusia.
  3. Aktivitas biologis telah ditemukan ada di batu yang diperkirakan berusia 2,5 miliar tahun. 24 tumbuhan laut sel tunggal telah ditemukan dalam bentuk fosil mikroskopis.
  4. Pengeboran pada kedalaman yang begitu rendah di Kola Superdeep Borehole berarti pengeboran pada suhu yang sangat tinggi. Kepadatan batuan juga lebih mirip plastik daripada batu dan juga berkontribusi pada kesulitan dalam pengeboran dan akhirnya harus berhenti.
  5. Sampel inti dari Kola Superdeep Borehole dapat dilihat di repositori di Zapolyarny, sebuah kota sekitar 10 km dari lokasi lubang bor.
  6. Saat mengebor Kola Superdeep Borehole, sejumlah besar gas hidrogen ditemukan. Itu bercampur dengan lumpur dan tampak 'mendidih' saat mengalir dari lubang selama pengeboran.
  7. Pengeboran Kola Superdeep Borehole dibayangi oleh perlombaan antara kekuatan super dunia untuk mencapai bulan.
  8. Pada tahun 2005 proyek Kola Superdeep Borehole ditinggalkan secara permanen. Uang tidak tersedia untuk melanjutkan dan rig pengeboran, peralatan penelitian, dan barang-barang lainnya dijual ke tempat pembuangan sampah.
  9. Pada tahun 2008, Lubang Bor Superdeep Kola disegel. Satu-satunya bukti di tempat dari Lubang Bor Kola Superdeep saat ini adalah tutup logam berkarat yang berada di atas lubang bor.
  10. Meskipun dibongkar dan disegel, Kola Superdeep Borehole dianggap sebagai salah satu peninggalan sains terpenting di era Soviet.
  11. Para ilmuwan mengharapkan untuk menemukan transisi di kedalaman 7 km dari granit ke basal saat pengeboran tetapi tidak.
  12. Para ilmuwan menemukan bahwa ada air jauh di dalam bumi di tempat yang seharusnya tidak ada. Air yang ditemukan di celah-celah batu kilometer di bawah permukaan bumi diyakini telah diperas dari batu oleh tekanan dan ditahan di bawah oleh batu kedap air di atas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya