Fakta-fakta Lubang Terdalam di Bumi, Kola Superdeep Borehole

Galian bumi terdalam
Galian bumi terdalam
Sumber :

VIVA Trending – Ada fakta Kola Superdeep Borehole yang perlu Anda ketahui. Ternyata, ini merupakan galian terdalam yang ditemukan di Bumi. The Kola Superdeep Borehole adalah proyek ilmiah yang dimulai pada Mei 1970 dalam upaya untuk mengebor lubang ke dalam kerak bumi sedalam mungkin. 

AS juga memulai proyek serupa dan negara-negara tampaknya berlomba untuk melihat siapa yang bisa mengebor terjauh ke bumi. Situs bor terletak di Semenanjung Kola di Distrik Pechengsky Rusia.

Beberapa lubang bor dibor di sana dengan kedalaman mencapai 40.230 kaki pada tahun 1989. Lubang bor ini disebut SG-3 dan merupakan yang terdalam di dunia.

Pengeboran dihentikan pada tahun 1992 karena suhu terlalu tinggi pada tingkat yang dalam sehingga mata bor tidak dapat bekerja dengan baik. Lubang Bor Superdeep Kola diperkirakan telah mencapai sepertiga dari jalan melalui kerak benua Baltik, mencapai batuan berusia lebih dari 2,5 miliar tahun.

Karakteristik Geologi

Meski gagal mencapai targetnya, Kola Superdeep Borehole berkontribusi pada beberapa temuan penelitian ilmiah. Ini menembus sepertiga ke kerak benua Baltik dan memberikan sejumlah besar data untuk studi geologi yang dianalisis oleh para peneliti.

Salah satu temuan penting adalah mikrofosil yang ditemukan empat mil di bawah permukaan yang mewakili sekitar 24 spesies purba yang berusia sekitar dua miliar tahun. Residu dari lubang tersebut juga menepis anggapan geologis bahwa ada transisi dari granit ke basal pada kedalaman antara 1,8 hingga 3,7 mil di bawah permukaan.