5 Gunung Terangker di Indonesia Menurut para Pendaki

Panorama puncak Gunung Rinjani terlihat dari Desa Sapit, Kecamatan Suela, Lombok Timur, NTB
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA Trending – Beberapa masyarakat Indonesia menganggap bahwa gunung adalah sebuah tempat yang sakral dan suci. Mereka juga memandang bahwa gunung mempunyai sejarah dan mitos.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Bahkan konon katanya, gunung penuh dengan ekosistem tidak kasat mata yang kental. Mitos dan anggapan masyarakat setempat ini akhirnya menjadi sebuah cerita dari waktu ke waktu yang diyakini masyarakat. 

Gunung Salak.

Photo :
  • Gunung Salak Google Maps
Anggun Berkebaya, 100 Perempuan Indonesia Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung Kembang

Pada akhirnya cerita pun meluas ke luar wilayah gunung melalui paparan yang diberikan masyarakat kepada para pendaki. Tak sedikit cerita ini berhubungan dengan hal yang berbau mistis dan akhirnya memengaruhi sugesti pendaki.

Terlepas dari benar atau tidaknya, ada lima gunung terangker di Indonesia untuk para pendaki yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

1. Gunung Lawu

Gunung Lawu.

Photo :
  • U-Report

Gunung Lawu berada di dua provinsi sekaligus yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cerita yang paling banyak berkembang dari gunung ini adalah kehadiran sebuah lokasi yang bernama Pasar Setan. Pasar ini diyakini sebagai pasar gaib yang terletak di jalur Candi Cetho atau letaknya berada di sebuah lereng yang dipenuhi dengan ilalang. 

Konon katanya, ketika melewati lokasi tersebut, tak sedikit para pendaki yang mendengarkan suara ramai layaknya berada di sebuah pasar. Ada pula yang mendengarkan suara layaknya dagangan kepada para pendaki. Pendaki yang dapat merasakan keramaian di Pasar Setan ini biasanya mereka yang tubuhnya mengalami kelelahan. 

Masyarakat setempat pun menganjurkan untuk tidak melewati Pasar Setan ini setelah pukul 18.00 WIB, lantaran jalurnya yang tidak jelas sehingga akan mudah membuat para pendaki tersesat di lokasi tersebut. 

2. Gunung Semeru

Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis, 16 Desember 2021.

Photo :
  • ANTARA

Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini, konon katanya menjadi gunung yang kerap dijuluki sebagai tempat kerajaan jin terbesar di Pulau Jawa. Selain itu, sejak dulu puncak Mahameru diyakini sebagai lokasi bersemayamnya para dewa-dewa. Arcopodo adalah salah satu lokasi terangker yang ada di Semeru. 

Konon katanya, di lokasi tersebut terdapat dua arca prajurit Kerajaan Majapahit yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu saja. Beberapa pendaki yang dapat melihatnya mengaku bentuk yang beragam dari arca tersebut, tapi tetap dalam kesamaan jumlah, berupa dua arca prajurit.

Selain hal mistis, Gunung Semeru juga dikenal dengan tanjakan cintanya. Bila sedang naik ke tanjakan cinta, jangan sesekali kamu melihat ke belakang, konon bila melihat ke arah belakang hubungan cintanya akan putus. 

ILUSTRASI Topi awan di Gunung Rinjani.

Photo :
  • Istimewa.

Rinjani terkenal dengan keindahannya dari berbagai sudut, mulai dari danau, hamparan padangnya, sampai puncaknya, gunung indah ini terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB). Rinjani menjadi sebuah gunung yang sakral untuk penduduk lokal dan masyarakat Bali. 

Konon, gunung ini adalah tempat bersemayamnya Dewi Anjani yang merupakan sosok penguasa gunung ini dan sekitar Lombok, serta kawah gunung yang bernama Sagara Muncar dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai istana dari Dewi Anjani. 

Kehadiran istana ini katanya pernah dilihat langsung dan diceritakan oleh para pendaki. Sementara mitos lain yang berkembang di Rinjani dikatakan bila ada pendaki yang hilang, berarti mereka tersesat di dunia jin dan sangat sulit untuk ditemukan lagi. 

4. Gunung Salak

Penampakan Gunung Salak terbelah

Photo :
  • BNPB

Gunung yang berada di dua kabupaten, tepatnya di Bogor dan Sukabumi ini memiliki banyak cerita latar belakang yang berhubungan dengan kerajaan Pajajaran di masa lampau. Sangat diyakini bahwa menghilangnya Prabu Siliwangi adalah gunung ini sehingga sangat kental dengan cerita. 

Berbagai kejadian yang pernah terjadi di gunung ini pun dihubungkan dengan kekuatan tak kasat mata yang sangat besar. Tercatat dari tahun 2003 sampai 2012, ada enam kecelakaan pesawat yang menabrak Gunung Salak. Meski banyak ahli yang menjelaskan teknis kecelakaan itu, sebagian besar masyarakat meyakini tetap memilih angkernya gunung ini. 

Untuk para pendaki, gangguan aneh sampai mudahnya tersasar di Gunung Salak adalah sebuah cerita yang sangat umum. Rapatnya vegetasi hutan kerap menjadikan gunung yang tidak banyak mempunyai pemandangan indah ini menyurutkan nyali pendaki berpengalaman sekalipun. 

5. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci.

Photo :
  • Syarifuddin Nasution

Gunung yang terletak di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, ini menjadi gunung yang sangat populer lantaran ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl. Satu hal yang paling dikenal dari gunung ini adalah kehadiran pohon bolong yang terletak di antara pos III menuju shelter satu. Sesuai namanya, pohon ini sebagian batangnya bolong. 

Masyarakat setempat mengatakan bahwa dahulu pohon bolong dipakai untuk meletakkan mayat pendaki yang meninggal di gunung sebelum dievakuasi. Pohon bolong ini juga sulit untuk ditemukan saat menuruni gunung. Beberapa pendaki bisa melihat pohon ini ketika mendaki tapi tidak saat turun di jalur yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya