Viral Gaya Nyentrik Jemaah Haji Asal Sulsel Bikin Warganet Melongo

Jemaah haji wanita
Sumber :

VIVA Trending – Pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekah telah selesai, dan itu artinya para jemaah sudah kembali pulang ke Tanah Air. Selain pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekah, momen kepulangan jemaah haji di Tanah Air tepatnya ke daerahnya masing-masing juga menjadi momen yang banyak menyita perhatian.

Penyakit Kronis Jangan Diabaikan, Ini Gejala Meningitis yang Bisa Terjadi pada Jemaah Haji dan Umrah

Sama seperti keberangkatan, kembalinya para jemaah haji ke Tanah Air diwarnai dengan penuh suka cita lantaran bisa kembali dalam kondisi yang sehat walafiat. 

Jemaah haji kloter delapan asal Depok tiba di Balai Kota Depok

Photo :
  • Depok.go.id
Cuaca Arab Saudi Panas, Trik Jitu Menag Yaqut Hindari Heatstroke Saat Ibadah Haji

Saat ini jemaah haji Indonesia mulai berdatangan dan menghiasi Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Berbagai momen pun tertangkap usai jemaah haji Indonesia tiba di bandara. Seperti salah satunya, momen sujud syukur jemaah haji.

Selain itu, ada momen menarik lainnya yang berhasil menyita perhatian warganet dan publik Tanah Air. Momen unik dan menarik tersebut adalah ketika para  jemaah haji asal Sulawesi Selatan tiba ke Tanah Air menggunakan pakaian nyentrik dan glamour.

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

Melansir unggahan video milik akun TikTok  @Fachmi_Achmad, memperlihatkan momen para jemaah yang baru saja tiba ke Tanah Air usai melaksanakan ibadah haji dari Tanah Suci Mekah.

Pada unggahan video tersebut, menunjukkan ketika para jemaah haji asal Sulawesi Selatan baru saja turun dari pesawat dengan menggunakan pakaian khas adat Bugis.  Berbeda dari jemaah dari daerah lainnya yang kebanyakan menggunakan pakaian syari dan nampak sederhana, jemaah haji asal Sulsel ini justru sebaliknya.

Jemaah haji nyentrik

Photo :

Mereka tampak terlihat mewah, nyetrik dan glamour dengan berbagai perhiasan yang dikenakannya. Hal tersebut juga diungkapkan pada keterangan unggahan video milik  @Fachmi_Achmad.

"Jemaah haji Sulsel dikenal memiliki tradisi sendiri yaitu hampir kebanyakan mereka yang sudah berhaji akan memakai pakaian khusus dan menghiasinya dengan perhiasan. Pakaian tersebut mereka buat sebelum ke Tanah Suci,” tulisnya.

Pemilik akun TikTok tersebut pun menambahkan, jika para jemaah haji asal Sulsel akan memakainya saat kembali pulang ke Tanah Air. Hal tersebut rupanya bukan sesuatu yang aneh bagi masyarakat Sulsel yang sudah menyandang status haji.

Di mana mereka akan mengenakan pakaian khusus dan menghiasi tubuhnya dengan perhiasan. Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke Tanah Suci Mekah, mereka sudah mempersiapkan dan membuat baju tersebut agar bisa digunakan usai kembali ke Tanah Air.

Sontak saja, unggahan video tersebut pun mendadak viral dan menjadi sorotan banyak warganet. Tidak sedikit yang memberikan reaksi pada kolom komentar.

"habis hajatn dari raja Salman kali," kata lainnya.

"Salut Buat Ibu² Haji Yang Tidak Umbar Harta," kata lainnya.

"inshaa allah setelah pulang haji bukan cuman baju yg berubah,tp perilaku pun berubah," saut warganet.

"itu turun temurun dri jaman nene," kata warganet lainnya.

"astaghfirullah," saut netter lainnya.

"bismillahirrahmanirrahim..ya Allah ????semoga KITA semua bisa berangkat ke tanah suci Mekkah,dan menjadi haji yang mabrur aamiin," tulis netter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya