Viral Video Penampilan Nyentrik Jemaah Haji Asal Sulawesi

Jemaah Haji asal Sulawesi Selatan
Sumber :
  • TikTok @ravidhams

VIVA Trending – Saat ini sebagian jemaah haji Indonesia yang telah selesai menyelesaikan ibadah haji di Tanah Suci telah kembali ke Tanah Air. Termasuk para jemaah haji asal Sulawesi Selatan yang telah kembali ke Indonesia. 

FKUB Sulsel Larang Pendeta Gilbert Datang ke Makassar, Ini Alasannya

Mungkin berbeda dari jemaah lainnya, jemaah haji asal Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan ini kembali dengan membuat penampilannya menjadi lebih nyentrik. Hal itu terlihat pada sebuah video yang diunggah oleh akun @pembasmi-kehaluan.reall yang memperlihatkan jemaah haji, terutama ibu-ibu yang berdandan dan mengganti pakaiannya sebelum turun dari pesawat. 

“Sebelum turun dari pesawat para jemaah haji bugis ini berdadan dan memakai pakaian terbaiknya,” tulis keterangan dalam unggahan video akun @pembasmi-kehaluan.reall yang dikutip VIVA pada Rabu, 3 Agustus 2022. 

Korban Meninggal akibat Longsor Tana Toraja Capai 18 Orang

Mulanya video tersebut diunggah oleh salah satu akun TikTok bernama @ravidhams seorang cabin crew pesawat yang ditumpangi oleh jemaah haji asal Sulawesi tersebut.

Video telah ditonton sebanyak 2,7 juta kali, mendapatkan tanda suka sebanyak 166,9 ribu dan mendapatkan lebih dari 4 ribu komentar dari warganet di TikTok.

Terungkap Motif Suami Bunuh Istri Lalu Timbun Jasad Korban Dalam Rumah di Makassar

“Jemaah Haji Bugis Makassar gak ada lawan bestie wkwkwk,” tulis keterangan dalam video unggahan.

Jemaah Haji asal Sulawesi Selatan

Photo :
  • TikTok @ravidhams

Para jemaah haji dari Bugis Makassar tersebut mengganti pakaian mereka di dalam pesawat dengan gamis kebaya yang berwarna-warni dengan kerudung gaya turban sebelum mereka turun dari pesawat. 

Tak hanya mengganti pakaian mereka saja, para jemaah haji tersebut juga mendandani wajah mereka dengan makeup. Mereka juga memakai berbagai perhiasan yang dipasangkan ke tubuh, mulai dari cincin, gelang hingga anting. 

Sontak warganet pun bereaksi terhadap postingan video tersebut dan memberikan berbagai respons melalui kolom komentar unggahan. Ada yang mengatakan bahwa itu memang tradisi orang-orang Bugis di Makassar dan ada juga yang memberikan kritiknya. 

“HFW . Haji Fashion Week,” tulis salah seorang warganet di kolom komentar unggahan.

“Gak apa sih, kalo dengan begitu bisa bahagia, why not. Selama gak merugikan orang lain,” kata warganet yang turut berkomentar.

“Mama aji jgn dibully gaes uda tradisi,”  kata warganet di kolom komentar.

“Tradisi di makasr memang begitu ya ke pasar aja pakai emas banyak,” kata warganet yang memahami masyarakat Bugis.

“mau ibadah ketempat suci ajah masih bwa perkara dunia yaallah naudzubillahiminzalik,” kata warganet yang mengkritik.

“Norak,, yg berlebihan itu gak baik aplg ini niatnya utk Ibadah.. Beda kalo kondangan suka2 ibuk dahh,” tulis waragnet yang lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya