Berpisah 25 Tahun, Mbah Ranto Akhirnya Nikahi Wartini Secara Massal

Mbah Ranto
Sumber :

VIVA Trending – Cinta Lama Bersemi Kembali, mungkin menjadi ungkapan paling tepat untuk menggambarkan kisah percintaan yang dialami oleh pasangan lansia satu ini. Ya, kali ini kisah cinta datang dari seorang pria yang usianya sudah mencapai 84 tahun.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Dia adalah Mbah Ranto yang pada akhirnya dipersatukan kembali dengan seorang wanita pada masa lalunya yang kini diketahui berusia 57 tahun. Melansir unggahan laman Instagram @indozone pada Rabu, 14 September 2022, Mbah Ranto Wardoyo atau biasa dipanggil Ranto, kakek berusia 84 tahun yang sudah punya 14 anak, 35 cucu dan 15 cicit, berhasil menikahi kekasih lamanya secara massal di Masjid Raya Klaten, Senin 12 September 2022.

Ilustrasi lansia.

Photo :
  • Pixabay/pexels
Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Mbah Ranto yang merupakan warga Tegalrejo, Desa Sedayu Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pun akhirnya dipersatukan kembali dengan wanita yang pernah ada didalam hidupnya dulu.

Untuk pernikahannya kali ini, Mbah Ranto mengaku tidak punya persiapan khusus, sebab wanita yang ia nikahi adalah wanita pertama yang pernah hidup serumah dengannya.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Dia adalah Wartini, wanita pertama yang alih-alih pernah membangun biduk rumah tangga dengan Mbah Ranto. Namun sayang, pada saat itu hubungan pernikahan keduanya tidak dilakukan secara resmi meskipun Mbah Ranto dan Wartini dikaruniai keturunan anak hingga tujuh tahun lamanya. 

Mbah Ranto

Photo :

Hingga akhirnya mereka memutuskan berpisah, dan Mbah Ranto memilih menikah lagi dengan wanita lain. Namun, lagi-lagi sayang, istri dari Mbah Ranto sudah lebih dulu meninggal dunia.

Diketahui, Mbah Ranto sempat menikahi wanita hingga dua kali usai perceraiannya dengan Wartini. Namun, kedua istri lainnya yang dinikahinya lagi-lagi meninggal dunia lebih dulu.

Pada akhirnya, setelah diketahui keduanya sama-sama berstatus lajang akhirnya Mbah Ranto dan Wartini memutuskan untuk rujuk kembali. Mereka pun akhirnya menikah secara resmi dalam program Baznas Mantu.

Mbah Ranto

Photo :

“Rasanya ya senang, hati sudah plong, saya enggak mengeluarkan biaya apa-apa, malah dikasih uang saku. Ya syukur Alhamdulillah, kini sudah sah,” kata Ranto seusai ijab qobul yang dikutip dari laman Instagram @Indozone.

Dari pernikahan dua kali tersebut, Mbah Ranto mengaku sudah mempunyai 14 anak, 35 cucu dan 15 cicit. Pernikahan massal ini sendiri diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Klaten, dan diikuti 12 pasangan pengantin. 

Di mana acara tersebut berbagai fasilitas acara sampai biaya pernikahan calon pasutri ditanggung oleh pihal Baznas Klaten alias gratis. Para peserta nikah massal ini pun masing-masing juga menerima seperangkat alat salat senilai Rp300 ribu dan uang tunai untuk satu pasangan senilai Rp500 ribu.

Pernikahan Mbah Ranto dan Wartini

Photo :

Sontak saja unggahan pernikahan keduanya pun yang diselenggarakan secara massal pun viral dan beredar di media sosial. Tak sedikit warganet memberikan komentar pada unggahan video tersebut.

"Jodoh ga kemana paling cuman nyasar pas mau ketemu" tulis warganet lain.

"Jodoh ga kmn," tulis pengguna Instagram lain.

"Clbk ( cinta lama belok kembali)," ungkap lainnya.

"Semoga langgeng sampe menua bersama,"  kata lainnya.

"umur sakmono ming pengen dikancani nek pas turu..wis ra pengen aneh2..ada saatnya yg nikah juga merasa demikian." tutur netter lainnya.

"mashaallah bismillah istri banyak gese," tulis netter.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya