Viral Korban Penipuan Travel, Pasang Billboard Kembalikan Uang Kami

Korban Penipuan Travel di Makassar Pasang Billboard Kembalikan Uang Kami
Sumber :
  • Supriadi Maud

VIVA Trending – Korban penipuan SLV Travel di Makassar, Sulawesi Selatan mendadak viral dengan aksinya yang memasang sebuah papan iklan alias billboard besar di tengah jalan raya. Menurut informasi, papan iklan itu mereka pasang dengan tujuan agar sang penipu mengembalikan uang para korban tersebut.

Viral! Content Creator Asal Magelang Cosplay Jadi Kaleng Khong Guan di Hari Lebaran

Pantauan VIVA pada Jumat 23 September 2022, terlihat wajah terlapor kasus penipuan travel yakni Selvi Ahmad Firdaus terpampang di billboard berukuran besar di Jalan Sultan Alauddin, Makassar. 

Papan iklan itu dilengkapi dengan tulisan 'Tolong kembalikan uang kami...!!'. Selain itu, turut tertulis curhatan para korban. "Dari para korban travel yang kau sakiti..!!" demikian tulisan di iklan billboard tersebut.

Sesuai Harapan Netizen, Motor Aerox Langsung Terbakar Usai Digeber-geber Knalpotnya saat Takbiran

Korban Penipuan Travel di Makassar Pasang Billboard Kembalikan Uang Kami

Photo :
  • Supriadi Maud

Salah seorang yang mengaku sebagai korban, Aulia Irfany Fakhruddin mengatakan bahwa SLV Travel telah melakukan penipuan terhadap dirinya sebanyak ratusan juta rupiah.

Video Toyota Innova Seruduk Angkot Bikin Warganet Berdebat Tentukan Siapa yang Salah

"Iya awalnya saya ikut itu di instagram-nya saya liat banyak sekali pengikutnya. Saya bergabung melalui media sosial juga. Dan sudah ratusan dia ambil," kata Aulia saat dimintai konfirmasi Jumat 23 September 2022.

Aulia menyebut bahwa dirinya memilih bergabung di travel tersebut karena diiming-imingi harga murah. Kendati begitu, dia pun telah membuat laporan polisi yang teregistrasi di Polda Sulsel dengan nomor LP/B/982/IX/2022/SPKT POLDA SULSEL.

Hanya saja, Aulia menampik dan tidak tahu menahu perihal iklan billboard yang sedang viral di Kota Makassar.  Aulia berdalih jika dirinya bukan warga Makassar dan berdomisili di Barru.

"Itu saya tidak tahu (papan iklan). Siapa yang pasang belum tahu, tapi memang saya liat lagi viral," katanya.

Aulia menjelaskan bahwa perusahaan travel itu merupakan perusahaan milik seorang selebgram yang memiliki nama usaha SLV Travel. Pertama kali Aulia kepincut karena Travel tersebut menawarkan promo murah kemudian travel tersebut banyak yang minati.

"Yang saya tahu kalau SLV travel ini milik seorang selebgram karena followers-nya sudah banyak. Di situ dia pasang iklan yang promonya murah karena beda satu juta dari travel yang lain di Makassar. Kan kita otomatis pilih yang murah. Banyak yang pakai ini travel," ungkapnya

Lebih lanjut Aulia menyampaikan bahwa bukan hanya dirinya yang kena tipu. Sebab, dengan beragam iming-iming, juga ada puluhan orang lainnya dengan total kerugian mencapai Rp3,3 miliar. Kendati begitu dirinya pun mengambil langkah dengan melaporkan kasus tersebut ke Polda Sulsel pekan lalu tepatnya hari Senin 19 September 2022 atas dugaan penipuan.

Mereka yang ditipu, kata Aulia, beragam nilainya mulai dari Rp 10 juta hingga ratusan juta rupiah. Mereka tak perorangan sebab ada juga yang kelompok.

"Sudah ada laporannya di Polda, Senin 19 kemarin laporannya itu. Yang ditipu kan lumayan banyak. Terakhir itu saya dapat informasi sudah ada 80an lebih. Sudah Rp 3,3 miliar dari data per hari Minggu kemarin," terang Aulia.

Sebagai informasi, SLV Travel adalah travel kepunyaan wanita bernama Selvi Ahmad Firdaus. Ia saat ini tidak berada di Indonesia melainkan Thailand.

Kantor PT SLV Modern Travelindo atau SLV Travel itu berada Jalan Tun Abdul Razak, Ruko Citraland, Kabupaten Gowa. Melalui akun Instagramnya, Selvi Ahmad Firdaus mengungkapkan telah melakukan refund sebesar 40 persen kepada para korban.

"Diterpa badai apapun insya Allah SLV kuat. Setelah badai hebat ini, insya Allah SLV bangkit,” tutur Selvi Ahmad Firdaus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya