Gempa Bumi Cianjur Robohkan Sejumlah Bangunan hingga Patung Ayam

Ilustrasi gempa Bumi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Trending – Gempa bumi Cianjur, Jawa Barat baru saja dirasakan oleh warga Jabodetabek pada hari ini Senin 21 November 2022. Gempa dengan kekuatan 5,6 skala richter ini berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Gempa bumi yang mengguncang Cianjur dan sekitarnya ini menyebabkan sejumlah bangunan hingga patung ayam roboh. Seperti informasi yang didapat dari BMKG, bahwa gempa bumi Cianjur ini terjadi pada pukul 13.21 WIB. 

Tidak hanya membuat sejumlah bangunan roboh, gempa bumi yang baru saja mengguncang Cianjur ini membuat sejumlah warga se-Jabodetabek dibuat panik hingga berhamburan keluar rumah. Seperti yang terjadi di wilayah Cijoho Jawa Barat, akibat terjadinya gempa bumi Cianjur ini membuat sejumlah rumah warga hingga patung ayam di wilayah Cijoho roboh.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Hal ini dibagikan langsung oleh salah satu pengguna akun Twitter bernama @permanagi usai diguncang gempa bumi. Pada unggahan video miliknya, ia memperlihatkan sejumlah bangunan rumah di kawasan Cijoho Jawa Barat roboh akibat diguncang gempa bumi.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Pada keterangan video yang dibagikannya tersebut, dengan menggunakan bahasa Sunda, ia memperlihatkan sejumlah rumah warga hingga sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengalami kerusakan.

"Di daerah Cijoho sebetulnya banyak yang bangunannya roboh di sekitar sini. Bangunan sekolah di SMK THB lumayan parah rusaknya," kata pengguna akun Twitter @permanagi.

“Liat patung ayam runtuh, lehernya keselo. Tp didaerah sini banyak bangunan yang roboh di dalemnya, ngeri ngeri!” tambahnya sembari mengabadikan pasca kejadian gempa bumi yang berpusat Cianjur ini.

Ilustrasi gempa bumi

Photo :
  • Pixabay

Dalam video yang dibagikannya tersebut, nampak para warga berhamburan keluar rumah hingga ada yang berdiri di pinggir jalan untuk mencari keamanan diri jika terjadi ada guncangan gempa bumi susulan.

"Sumpah kaget euy!" seru pengguna Twitter.

Masyarakat Jabodetabek, khususnya Cianjur, Jawa Barat dihimbau agar berada di area terbuka atau tengah lapangan maupun mencari tempat-tempat aman demi melindungi diri, dikhawatirkan akan ada gempa susulan. Dari sejumlah unggahan sejumlah warganet di dunia maya, guncangan gempa bumi Cianjur ini begitu dirasakan oleh warga di sekitar Jabodetabek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya