Viral Aksi Seorang Wanita Gunakan Micin untuk Pemutih Wajah, Ini Kata Dokter

MSG atau micin.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Showbiz – Setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik dengan kulit mulus, bersih, dan bercahaya. Berbagai cara pun akan dilakukan agar bisa mendapatkan kulit sesuai dambaannya. 

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Mulai dari yang herbal hingga instan pun akan dilakukan para wanita, agar demi mendapatkan kulit indah dan menawan. Seperti belum lama ini viral video di media sosial yang memperlihatkan aksi seorang wanita tengah melakukan perawatan wajah dengan menggunakan bahan penyedap makanan yakni micin.

Wanita tersebut mengklaim, bahwa wajah bisa terlihat lebih putih, bersih dan bercahaya dalam waktu singkat hanya dengan memanfaatkan micin. Sontak saja metode terbaru memutihkan wajah dengan micin ini pun jadi viral dan bikin geger sejumlah wanita di media sosial TikTok. 

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Wanita perawatan dengan micin

Photo :

Tak sedikit warganet di TikTok memberikan reaksi dan tanggapannya, usai viralnya video aksi seorang wanita melakukan perawatan wajah dengan micin.

Mulai Perjalanan Skincare dengan Retinol: Tips Essensial untuk Pemula

Padahal, seperti yang kita ketahui, micin ini digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan, bukan justru digunakan sebagai skincare ataupun treatment kecantikan wajah. Terkait hal ini seorang pakar kesehatan pun menanggapi aksi seorang wanita yang melakukan perawatan wajah dengan menggunakan micin.

pakar kesehatan

Photo :

Melansir unggahan akun TikTok bernama @drbarkahqonita, yang merupakan seorang dokter skincare asal Malang ini mengungkapkan, jika micin bahwasannya merupakan monosodim glutamat di mana fungsinya sebagai penyedap untuk makanan. dr Barkah Qonita pun menambahkan, jika ada glutamat lain yang dapat digunakan untuk skincare yaitu sodium cocoail glutamat.

Di mana, sodium cocoail glutamat tersebut memiliki fungsi sebagai subfaktan yang berfungsi untuk pembersih dan pelembap dalam skincare.

"Jadi bukan glutamat yang dimicin nih yang bisa digunakan dalam skincare," kata pakar kesehatan dalam akun TikTok pribadinya.

"Monosodium glutamat atau micin itu memiliki batas harian nih dalam pemakaiannya yaitu maksimla 3g. Jika lebih dari itu akan memicu kemunculan efek samping nih seperti mual muntah dan menimbulkan efek alergi nih di kulit. Jadi, kalau yang digunakan sekitar 5gr seperti di video tadi, kira-kira akan jadi apa ya di kulit kita." jelas drbarkahqanita, nama pemilik akun TikTok yang memberi tanggapan terkait perawatan wajah dengan micin.

Wanita yang nampak berprofesi sebagai dokter skincare tersebut, juga mengingatkan kita agar lebih berhati-hati terkena iritasi jika turut menggunakan micin sebagai skincare harian para wanita.

"Hati-hati iritasi loh," seru wanita yang beprofesi sebagai dokter skincare asal Malang ini.

"Kalau seumpama micin beneran bikin putih kita generasi micin sudah seputih apa dong!" sindir pakar kesehatan yang mengunggah videonya di TikTok.

Jadi bisa disimpulkan dari tanggapan dr Barkah Qanita, jika penggunaan micin sebagai skincare wajah memiliki efek samping yakni memicu iritasi pada kulit.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya