Ternyata Bukan Kali Pertama Seorang Qoriah Disawer Bak Biduan, Ini Buktinya

Seorang qoriah disawer
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Trending – Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan seorang qoriah disawer oleh beberapa jemaah pria. Unggahan itu pun memantik beragam reaksi dari netizen. Bahkan, video itu juga dikritik MUI.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Berita itu mencuat dan viral di media social, terutama di twitter. Rupanya, hal itu bukanlah kali pertama. Salah satu akun twitter pun membuktikan kebenaran itu. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Dikecam MUI

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Viral ustazah sedang mengaji disawer uang berhamburan

Photo :
  • Twitter @Hilmi28

Aksi terhadap ustazah yang diketahui bernama Hj Nadia Hawasyi yang disawer itu menuai kecaman. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis mengecam tindakan menyawer dengan menyelipkan ke kerudung qoriah.

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara

“Nyawer dg cara menyelipkan ke krudung qoriah yg bukan mahromnya adlh haram. Selain itu juga tak sopan,” tulis Kiai Cholil, sapaan akrabnya, dalam akun Instagramnya, @cholilnafis yang dikutip VIVA pada Jumat, 6 Januari 2023.

Dia mengaku sudah tabayun ke MUI daerah tempat aksi nyawer tersebut. Menurut Kholil, dari keterangan yang diperolehnya, cara nyawer di depan qori yang tengah melantunkan ayat suci Alquran sebagai tradisi di daerah tersebut.

“Saya sdh konfirmasi ke MUI daerah itu bahwa memang tradisinya di sana memberi uang ke depan qari’ yg sdg melanyunkan ayat2 suci Alquran,” tambah Cholil.

Cholil mengatakan, nyawer dan menyelipkan uang ke kerudung qoriah itu tak bisa. Dia menaruh perhatian persoalan tersebut. Kata dia, daerah dan pelaku yang menyawer akan dibina ulama setempat.

“Agar cara menghormati kpd pembaca Alquran sesuai tuntunan Islam dan sesuai tradisi kesantunan,” lanjut Cholil.

Sudah lama terjadi

Qoriah disawer

Photo :
  • Tangkapan layar

Hastag #Qori pun mencuat di laman twitter imbas video seorang qoriah yang di sawer dua pria. Salah satu akun twitter bernama @herricahyadi menyebut jika kejadian itu bukanlah kali pertama. 

Ia pun memberikan bukti dengan mengunggah sebuah video di mana qori yang sedang membacakan ayat suci Al-Qur’an disawer.

“Perilaku menyawer qori yg sedang membacakan ayat Al-Qur’an ini sudah lama terjadi. Contoh perilaku menyawer yg sangat memalukan bisa dilihat di sini,” tulisnya di twitter.

Dalam video tersebut, seorang qori berkerudung hitam sedang membacakan ayat suci Al-Qur’an. Kemudian datang seorang pria yang memberikan sejumlah uang yang digabung sehingga menyatu membentuk lingkaran, dikalungkan di kepala si qoriah.

Selain itu, ia juga menyawer qoriah tersebut dengan uang selembaran dari dompet si pria berpeci hitam itu. Dalam video tersebut terdengar suara sorakan dari para tamu undangan yang menyaksikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya