Penyebab Gunung di Mekah Menghijau Menurut LPBINU

Viral! Pegunungan di Mekah Dipenuhi Tanaman Hijau
Sumber :
  • Tangkapan layar Twitter @@makkahregion

VIVA Trending – Fenomena menghijaunya pegunungan di Mekah, Arab Saudi tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Dalam video yang beredar tampak dataran yang semula tandus kini tertutup oleh rerumputan hijau.

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Melalui unggahan akun @makkahregion, tak sedikit warganet yang mengaitkan fenomena menghijaunya dataran tandus ini sebagai tanda akan datangnya hari kiamat.

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi akibat curah hujan yang tinggi di Arab Saudi sejak Desember 2022 lalu.

Pangeran MBS Bangun Resor Mewah NEOM di Atas 'Darah' Warga Saudi

“Itu fenomena yang wajar. Mengingat intensitas hujan di Arab Saudi belakangan cukup tinggi,” kata Pengurus LPBINU M Ali Yusuf, dikutip dari NU Online, Selasa 10 Januari 2023.

Wapres Maruf soal Jemaah Umrah RI Ditangkap di Arab: KJRI Sudah Bantu Advokasi

Menurut Ali, curah hujan yang tinggi di akhir 2022 dibanding tahun-tahun sebelumnya, diiringi ketidakstabilan atmosfer yang berulang, bertepatan dengan perluasan depresi Laut Merah dan aliran arus udara lembab di lapisan bangunan atmosfer membuat wajah pegunungan dan wilayah gurun yang awalnya panas menjadi lembab. 

“Nah, dari situlah tumbuh rerumputan yang membuat kawasan pegunungan di bagian barat Arab Saudi ini menghijau seperti yang terlihat di video itu,” jelasnya.

Proyek Green Riyadh

Menghijaunya sejumlah wilayah perbukitan di Arab Saudi merupakan hal wajar mengingat proyek penghijauan kota terpadu dan komprehensif terbesar di dunia Green Riyadh telah resmi diluncurkan di tujuh lingkungan sekitar Riyadh.

Direktur Proyek Green Riyadh, Abdulaziz Al-Moqbel, mengonfirmasi selama wawancara dengan Al-Ekhbariya bahwa penghijauan telah dimulai di jalan dan alun-alun dari 7 lingkungan perumahan di kota Riyadh.

“Program ini bertujuan merehabilitasi sepenuhnya dengan penghijauan 120 lingkungan perumahan. Penghijauan telah dimulai di lingkungan Al-Aziziyah, Al-Naseem, Al-Jazeera, Al-Araija, Qurtuba, Al-Ghadir, dan Al-Nakhil,” kata Al Moqbel dilansir dari Saudi Gazette.

Video viral Kabah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi turun hujan salju

Photo :
  • Twitter

Dia menjelaskan, program Green Riyadh menargetkan penghijauan sejumlah tempat di kota Riyadh, seperti taman, jalan, dan jalan internal di lingkungan, selain halaman masjid dan sekolah.  

Saat ini pihaknya akan membangun 56 kebun di lingkungan Aziziyah dan 97 kebun di lingkungan Al-Naseem, dan menambahkan bahwa ini hanya beberapa dari 3.000 kebun yang sekarang sedang dibangun sebagai bagian dari pekerjaan program dan akan selesai dalam waktu dekat.  

“Program ini juga bertujuan menanam pohon di berbagai fasilitas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup di Riyadh, seperti pembangunan taman bermain untuk anak-anak, fasilitas olahraga, joging dan jalur sepeda, serta fasilitas yang cocok untuk keluarga dan banyak lagi,” terangnya.  

Menurut Al-Moqbel, pelaksanaan penghijauan dengan penanaman pohon di sepanjang jalan akan membantu meningkatkan keinginan setiap warganya untuk lebih banyak berjalan kaki.

Sebuah mobil terjebak banjir di kawasan Bahrah, perbatasan Jeddah-Makkah, Arab Saudi, Rabu, 25 November 2022.

Photo :
  • ANTARA/Maha Eka Swasta
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya