Viral Mahasiswa Lakukan Aksi Diam di Depan Kampus Gegara Tak Mampu Bayar UKT

Viral Mahasiswa Lakukan Aksi Diam di Depan Kampus Gegara Tak Mampu Bayar UKT
Sumber :
  • Twitter @AliansiUnhas

VIVA Trending – Viral sebuah potret yang memperlihatkan aksi diam mahasiswa di depan kampus dengan menuliskan keresahannya di poster. Aksinya menjadi perhatian publik yang melintas di pintu 1 depan kampus Univeritas Hasanuddin, Jalan Perintis Kemerdekaan, Km 10, Makassar. Diketahui bahwa aksi tersebut terjadi pada Selasa 31 Januari 2023 namun baru mencuat dan viral.

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Dalam aksinya, perempuan yang mengenakan jas almamater berwarna merah tersebut memegang poster yang mengaku sebagai anak nelayan yang tidak mampu membayar biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Viral Mahasiswa Lakukan Aksi Diam di Depan Kampus Gegara Tak Mampu Bayar UKT

Photo :
  • Ist
Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

“Saya anak nelayan tidak mampu bayar UKT,” tulis mahasiswa tersebut dalam poster yang ia pegang.

Dalam potret tersebut terlihat dua orang dari Satuan Pengamanan Kampus (Satpam) Unhas mengamankan aksi tunggal yang dilakukan mahasiswa yang identitasnya tidak dikenali.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Direktur Kemahasiswaaan Unhas, Abdullah Sanusi mengatakan, aksi tersebut dijaga oleh Satpam Kampus untuk menjaga keamanan, apalagi aksi saat kondisi jalan sedang ramai.

Menurutnya, aksi tersebut tidak ada masalah. Apalagi menyangkut soal menyuarakan aspirasinya terkait biaya kuliah.

Aksi diam yang dilakukan mahasiswa tersebut dilakukan sekitar 30 menit. Namun, mahasiswa itu tak mau menjawab pertanyaan dari pihak pengamanan kampus soal aksinya itu.

Atas aksinya tersebut, Aliansi Unhas langsung meminta para mahasiswa untuk melakukan demo untuk menceritakan keresahannya lewat media sosial.

Aliansi Unhas

Photo :
  • Twitter @AliansiUnhas

Ayo ceritakan keresahan dalam proses pembayaran dan Penyesuaian UKT Yang kawan-kawan Alami. Sampaikan pada publik @hasanuddin_univ tidak memperhatikan kita semua,” cuitan akun twitter @AliansiUnhas dikutip VIVA pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Aksi tersebut dilakukan sejak tanggal 3 hingga 4 Februari 2023 hari ini. Pihak Aliansi Unhas meminta meramaikan Instagram dan twitter dengan hastag #UnhasForSale, #UNiversitasHampirSwasta dan #Wujudkanpendidikantinggigratis.

Pihak Aliansi Unhas mengatakan jika kampusnya tidak pernah merespons atas keresahan mahasiswa. Hal ini pun memicu kemarahan Aliansi Unhas.

Lantaran beritanya viral, aksi mahasiswa yang melakukan diam di depan kampus Unhas itu juga menjadi perhatian netizen. Namun netizen malah menyudutkan mahasiswa tersebut.

Berhenti saja lha kuliah nya mending pokus kerja bantu orang tua yg lagi susah ..gk usah memaksakan diri untuk kuliah kalau masih mengandalkan orang tua yg gk mampu..? Kuliah memang untuk orang" yg mampu,” komentar netizen dikutip dari akun gossip @ nyinyir_update_official.
Kalau gak mampu gak usah kulia. , Mending kerja aja , uangnya bisa buat bantu-bantu kebutuhan keluarga,” saran netizen.
Kalo gaada duid jan maksa.. kuliah sambil kerja .. usaha dulu lah,” komentar yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya