Penonton Banyak Keluhkan Lokasi Konser Dewa 19 yang Diselenggarakan di JIS

Suasana bubaran konser Dewa 19 di JIS
Sumber :
  • Twitter @adriansyahyasin

VIVA Trending – Konser band Dewa 19 bertajuk Pesta Rakyat: 30 Tahun Berkarya di Jakarta International Stadium (JIS) baru saja diselenggarakan dengan meriah pada Sabtu malam 4 Februari 2023. 

Meriahnya "The Show Live On Tour 2024", Niall Horan Siap Manjakan Penggemarnya di Indonesia

Namun, usai konser rupanya banyak penonton yang mengeluhkan konser Dewa 19 di JIS. Bukan dengan konser atau Dewa 19, melainkan lokasi acara di mana konser tersebut berlangsung. 

Konser DEWA 19

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

Pasalnya, mereka mengeluhkan mulai dari akses transportasi, lahan parkir serta flow masuk dan keluar penonton. Salah satu keluhan tersebut dibuat oleh salah satu akun bernama @adriansyahyasin di Twitter

“Menyelenggarakan acara besar di JIS ini bencana besar. 75.000 penonton bubaran dari stadion tanpa akses transportasi umum massal, tanpa parkir yang layak, bahkan tanpa akses trotoar yang layak. Resep sempurna membuat bencana seperti Kanjuruhan kembali terjadi,” tuis cuitan akun @adriansyahyasin, dikutip pada Minggu, 5 Februari 2023. 

Bikin Merinding, Momen Chen EXO Nyanyi dengan Iringan Tepuk Tangan Penggemar

Sebagai penonton, pemilik akun tersebut mengeluhkan hanya ada satu pintu untuk keluar dengan jumlah mencapai 75 ribu penonton. Akibatnya, penonton yang hendak pulang harus membutuhkan waktu  cukup lama untuk keluar. 

Selain itu, kondisi sekitar area JIS juga dianggap belum memadai untuk menggelar konser dengan skala penonton yang besar. Sehingga menurutnya, stadion megah dan baru tersebut akan sia-sia jika tidak didukung oleh infrastruktur yang baik. 

Suasana bubaran konser Dewa 19 di JIS

Photo :
  • Twitter @adriansyahyasin

“Dan dengan desain Indonesia, semua 75.000 orang itu ditumpahkan ke SATU TITIK KELUAR.  Keluar dari stadion langsung disambut jalan tak bertrotoar, akses bus shuttle yang gak jelas. Buat apa stadion bagus tapi infra pendukungnya gak ada sama sekali,” tulisnya lagi. 

“Keluar dari area langsung tumpah ke jalan bersama semua kendaraan, bus, rombongan pejabat, tukang baso, motor.  Jalan kaki rasa menantang maut. Trotoar gak ada beneran berasa navigasi darat nyari jalan yg kosong ketemu kali besar lah gorong2 lah,” lanjutnya. 

Selain akses transportasi dan alur keluar, penonton yang berada di area tribun juga mengeluhkan sound konser yang kurang terdengar dengan jelas, apalagi yang berada di tribun paling atas. Hal itu diungkapkan oleh akun lainnya @gadatemencurhat di Twitter. 

“Semoga jadi pelajaran penyelenggara konser JIS selanjutnya, soalnya konser Dewa 19 dan duduk di tribun silver timur (tribun) sangat tidak disarankan krn nyanyi + musiknya ga jelas #konserdewa19,” tulis cuitan akun lainnya di Twitter. 

“Total ada 32 lagu yang dibawakan  Dewa 19 pada konser malam ini, keren si ada 4 vokalis sama bbrp drummer lama Dewa. Cuma ternyata tiket silver itu ada di tier 3 tribun stadion (plg atas), suaranya asli ga jelas bgt. Kalo ada konser di JIS mending pilih festival deh, atau tier 1,” keluhan penonton lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya