Mengerikan! Detik-detik Gempa Susulan Mengguncang Turki, Ada Jurnalis Sedang Siaran Langsung

Tim penyelamat membawa korban gempa Turki.
Sumber :
  • AP Photo/Omar Sanadiki.

VIVA Trending – Baru-baru ini beredar di media sosial sebuah video viral yang memperlihatkan detik-detik gempa bumi susulan mengguncang Malatya, Turki.  Melihat dari video yang beredar nampak jelas, adanya kekacauan imbas dari guncangan gempa bumi ini terlebih saat itu ada seorang jurnalis yang sedang melakukan siaran langsung untuk memberikan informasi terbaru perihal kondisi kota tersebut. 

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Mengutip sebuah unggahan video yang dibagikan kanal YouTube milik Cordova Media yang dikutip oleh akun Instagram @indozone, gempa susulan tersebut terjadi saat ada salah seorang jurnalis pria yang sedang melakukan siaran langsung di Malatya. 

Perlu diketahui, Malatya  merupakan sebuah kota di bagian tenggara Turki yang sebelumnya sudah diguncang gempa bumi dengan kekuatan 7,8 Magnitudo.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Gempa bumi dahsyat bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki pada pada Senin 6 Februari 2023.

Photo :
  • AP Photo/Hussein Malla.

Tiba-tiba saat sang jurnalis sedang fokus dan serius membawakan hasil beritanya melalui siaran langsung tersebut, tak disangka-sangka wilayah Malatya kembali diguncang gempa bumi yang serupa dengan sebelumnya.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

“Jurlis ini sedang siaran langsung di wilayah bencana ketika gempa susulan dengan magnitudo 7,5 terjadi yang kekuatannya hampir menyamai gempa utama yang sebelumnya mengguncang Turki bagian tenggara dengan magnitudo 7,8. Selisih kedua gempa besar itu hanya kurang dari 10 jam,” tulis narasi video yang dibagikan di kanal YouTube Cordova Media.


Pada unggahan video yang beredar di media sosial tersebut, nampak suasana di sekitar lokasi jurnalis melakukan siaran langsung seketika mencekam dan mengerikan. 

Terlihat banyak orang berhamburan di sekitar jalan dengan sangat panik lantaran ingin berusaha mencari perlindungan diri dari peristiwa mencekam tersebut.

Seorang jurnalis yang sedang melakukan liputan pun mendadak dibuat syok dan terkejut dengan adanya gempa susulan yang mengguncang Turki dan sekitarnya.

Seperti dari video yang beredar, juga memperlihatkan gedung-gedung seketika runtuh menimpa salju dan apapun yang ada dihadapannya.  Dari kedekatan, terdengar ada suara teriakan para korban yang meminta pertolongan dan  berusaha mencari tempat perlindungan ditambah adanya suara reruntuhan gedung-gedung yang terdengar begitu jelas.

Gempa bumi Turki Susulan

Photo :
  • Instagram Indozone

Usai video tersebut tayang, terlihat penampakan suasana pasca gempa susulan yang terjadi di Turki baru-baru ini. Di mana semuanya terlihat hancur lebur menjadi sebuah kepingan-kepingan yang tak ada artinya.

Ada juga tim penyelamat yang selalu berusaha membantu para korban gempa bumi dan mengangkatnya dari timbunan reruntuhan gedung yang sungguh mengerikan.

Hingga tadi malam, 7 Februari 2023, proses evakuasi masih terus dilakukan demi menemukan korban-korban yang tertimpa reruntuhan gempa susulan tersebut.

34 Kali Gempa Susulan

Mengutip laman Instagram Indozone, bahwa gempa susulan tersebut diketahui masih terus mengguncang Turki usai bagian tengah dan tenggara negara ini, serta Suriah Utara diguncang gempa bumi dengan kekuatan 7,8 Magnitudo pada Senin, 6 Februari 2023.

Berdasarkan laman badan cuaca dan geofisika Amerika Serikan (USGS) hingga pukul 13.51 waktu setempat atau bisa dibilang hampir jam 6 sore, sudah terjadi sekitar 34 gempa susulan di kota tersebut dengan kekuatasn sangaat besar yakni di atas kekuatan 4 Magnitudo, gempa bumi telang mengguncang wilayah tenggara.

Adanya gempa susulan berkekuatan besar ini memiliki kekuatan paling rendah 4,2 Magnitudo, dan paling tinggi mencapai 7,5 Magnitudo. Berdasarkan pembaruan data korban dari media-media asing termasuk beberapa di antaranya Sky News, BBC, AP, dan The Times, adanya jumlah korban yang tewas akibat diguncang gempa bumi di Turki dan Suriah ini sudah mencapai sekitar 1000 orang.

Sedangkan, menurut data sementara kantor gubernur Kharamanmaras seperti yang dikutip Antaranews, rupanya ada sekitar 300 bangunan runtuh dan ambruk di ibukota provinsi ini yang juga bernama Kahramanmaras.

Reaksi Warganet 

Beredarnya video tersebut di media sosial khususnya laman Instagram, membuat warganet turut memberikan reaksi dan tanggapannya. Tak sedikit warganet mendoakan para korban gempa bumi Turki agar bisa melewati cobaan yang tengah dihadapi di negaranya tersebut.

Pasalnya, mereka semua pengguna Instagram tentu bisa merasakan apa yang sedang dirasakan para korban saat beradad

"Insya Allah. Mereka bisa melewati ini. Dan tabah akan cobaan yg saat ini dihadapi," tulis warganet.

"selalu dalam lindungan ALLAH SWT," seru warganet saat mengomentari kolom komentar.

"Mereka perlu ditolong, kirimkan tim penyelamat dari indonesia. Korban direruntuhan pasti masih sangat banyak yang terjebak. Semoga semua dilindungi Tuhan. Amin,' saut warganet lain.

"Saya pernah menonton video membahas mengenai semakin modern, kecanggihan senjata perang yang bisa mengendalikan cuaca. Semisal membuat badai/angin tornado, membuat gempa darat / bawah laut yang bisa berpotensi tsunami. Kalo melihat bencana seperti ini terkadang jadi teringat video itu. Turut berduka dengan bencana di turki, semoga para korban cepat mendapat pertolongan. Aamiin," kata pengguna Instagram lainnya.

"Ya Allah berilah saudara2 kami disana keselamatan… Ya Allah gmn kiamat nanti," doa lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya