Viral Video Angin Kencang Hempas Depok, Orang-Orang Sampai Tiarap

Angin kencang berhembus di Depok
Sumber :
  • Instagram

VIVA Trending – Angin kencang tampaknya memang berhembus di area Jabodetak. Hal ini bahkan sempat diumumkan oleh Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG bahwa salah satu faktor terjadinya angin kencang tersebut adalah siklon tropis Freddy.

Agung Sedayu Lengkapi PIK 2 dengan Taman Doa Lady of Akita Senilai hingga Rp 250 M

"Salah satu faktor adalah siklon tropis Freddy. Sesuai dengan analisis dari TCWC Jakarta pagi hari ini bahwa siklon tropis Freddy memberikan dampak berupa potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang di wilayah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta," kata senior forecaster BMKG, pada Kamis, 9 Februari 2023.

Faktor lainnya adalah, kondisi atmosfer. BMKG menyebutkan ada kelembapan atmosfer yang signifikan sehingga meningkatkan pertumbuhan awan hujan di Jawa Barat.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Angin kencang berhembus di Depok

Photo :
  • Instagram

Akibat angin kencang tersebut, beberapa pusat hiburan terkena dampak. Salah satunya, yang tersebar dalam video yang diunggah akun @infodepok24, memperlihatkan beberapa pengunjung taman Studio Alam TVRI di Depok, Cilodong.

Atap RS Bunda Margonda Jebol Dihantam Hujan Badai, Begini Kondisinya

Dalam video, para pengunjung tampak berusaha menyelamatkan diri dari terpaan angin, tak sedikit pula yang juga mencoba menyelamatkan barang-barang bawaan mereka yang hampir tertiup angin kencang, seperti karpet piknik, tas hingga makanan dan minuman. Pohon-pohon di belakang juga terlihat tergoncang dengan kuat, membuat para pengunjung berlarian.

Bahkan, tampak seorang ibu yang tak sempat berlari, sehingga ia beserta kedua anaknya tiarap di atas tanah, sambil tetap memegang barang-barangnya. Pengunggah video juga berteriak untuk memperingatkan para pengunjung untuk tiarap. “Tiarap aja tiarap, ayo tiarap. Tiduran biar nggak kena” ujarnya dengan kencang.

Angin kencang berhembus di Depok

Photo :
  • Instagram

Fenomena alam ini tentu mendapat perhatian dari netizen. Ada yang berbagi pengalaman bahwa di daerah mereka juga terjadi angin kencang. “Kayanya di semua Jakarta juga gitu. Di Tangerang apalagi, sampe pohon tumbang. Hati-hati,” bagi netizen. Ada pula yang tampak tak setuju dengan anjuran untuk tiarap seperti yang terjadi di video. “Lebih bagus untuk segera lari daripada tiarap di tanah kaya gitu. Karena takutnya ada benda berat yang terbang or pohon tumbang, kalo bisa langsung masuk indoor,” tulis netizen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya